Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker Untuk Meningkatkan KOnsep Peserta Didik kelas X Di SMA YWKA Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v6i1.16150Abstract
Tujuan penelitian ini untuk 1) menghasilkan LKPD berbasis Idscovery Learning berbantuan software tracker untuk menigkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas x di SMA YWKA Palembang yang valid; 2) menghasilkan LKPD berbasis Idscovery Learning berbantuan software tracker untuk menigkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas x di SMA YWKA Palembang yang praktis. Peneliti menggunakan metode Reasearch & Development (R&D) model ADDIE.pengumpulan data pada peneiti ini menggunakan vaidasi dan kepraktisan. Subjek peneliti adalah peserta didik kelas x IPA 2 di SMA YWKA Palembang. Berdasarkan analisis data dinyatakan valid dan praktis adapun hasilnya 1) expert review diperoleh rata-rata dari kedua ahli 2) one to one memperoleh nilai rata-rata 91% yang dikategorikan sangat praktis; 3) small group memperoleh hasil 86% yang dikategorikan sangat praktis
References
Anggraeni, I., Faizah, F., & Septian, D. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 2, 87.
Asri, E. Y., & Noer, S. H. (2015). Guided Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 895.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Fitri, M., & Derlina. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Inpafi, 3, 89.
Habibbulloh, M., & Madlazim. (2014). Penerapan Metode Analisis Video Software Tracker Dalam Pembelajaran Fisika Konsep Gerak Jatuh Bebas Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa Kelas X SMAN 1 Sooko Mojokerto. Jurna Pendidikan Fisika dan Aplikasinya, 04, 16.
Hosnan. (2014). Implementasi Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hussein, F. M., Abdurrahman, & Suyatna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Hukum Kekekalan Momentum Sudut Menggunakan Macromedia Flash Pada Siswa Kelas XI. Jurnal Fisika, 01(01), 176.
Kristyowati, R. (2018). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Sekolah Dasar Berorientasi Lingkungan. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 284-285.
Kurniasari, T. C. (2015). Pemanfaatan Program analisis Video Tracker Sebagai Media Pembelajaran Fisika Tentan Koefisien Restitusi. Skripsi Sarjana Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Kurniasari, T. C. (2015). Pemanfaatan Program Analisis video Tracker sebagai Media Pembelajaran Fisika Tentang Koefisien Restitusi. Skripsi Sarjana Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP yang Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Melinia S, Lubis Particia HM, Sulistiawati (2021), Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X SMA Pada Materi Gerak Harmonis Sederhana, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT), Volume 7 No. 2 Desember 2021, 80 – 86.
Mukaramah, M., Kustina, R., & Risamawati. (2020). Menganalisis Kelebihan dan Kekurangan Model Discovery Learning Berbasis Audiovisual Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 4.
Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal Of Science and Mathematics Education, 02(2), 169-172.
Nua, M. T., Wahdah, N., & Mahfud, M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) K-13 Berbasis Discovery Learning Siswa SMA Kelas X Pada Materi Analisis Vektor. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(2), 95-96.
Nua, M. T., Wahdah, N., & Mahfud, M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) K-13 Berbasis Discovery Learning Siswa SMA Kelas X Pada Materi Analisis Vektor. Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 96-97.
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Qurniawan, S., Sutarto, & Supriadi, B. (2018). Efektifitas Media Elektronik Crocodile Physics Dalam Pembelajaran Optik Di SMA. Seminar Pendidikan Fisika 2018, 3(02), 107.
Ristanto, S. (2012). Eksperimen Gerak Jatuh Bebas Berbasis Perekaman Video di MA Wahid Hasyim. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 2.
Ristanto, S. (2012). Eksperimen Gerak Jatuh Bebas Berbasis Perekaman Vidro di MA Wahid Hasyim. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 3(1).
Sari S P, Lubis Particia HM, Sugiarti (2021). Pengembangan LKPD berbasis discovery learning berbantuan software tracker pada materi gerak melingkar untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik, Jurnal Kumparan Fisika, Vol 2, no 4, Agustus 2021, 137-146
Saharsa, U., Qaddafi, M., & Baharuddin. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 06, 58.
Salwan, S., & Rahmatan, H. (2018). Pengaruh LKPD Berbasis Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 25-31.
Wahyuni, S., Nasar, A., & Kaleka, M. U. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 113.
Wulandari, O. R. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Struktur dan Keseimbangan Pasar Dengan LKPD Berbasis Teams Gaems Tournament (TGT). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12, 158.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.