Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Media KIT IPA Terhadap Hasil Belajar Konsep IPA

Authors

  • Annisa Mokoagow Pendidikan IPA, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo Gorontalo, Indonesia
  • Supartin Supartin Pendidikan IPA, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo Gorontalo, Indonesia
  • Abdul Haris Odja Pendidikan Fisika, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo Gorontalo, Indonesia
  • Nova Elysia Ntobuo Pendidikan IPA, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo Gorontalo, Indonesia
  • Muhammad Yusuf Pendidikan IPA, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo Gorontalo, Indonesia
  • Citron S. Payu Pendidikan IPA, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v5i2.16568

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang terdapat pada Model Problem Based Learning dengan Media KIT IPA terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII A SMP Negeri 1 SangTombolang pada konsep Getaran dan Gelombang. Penelitian ini menggunakan 1 kelas, yakni kelas VIII A sebagai kelas Eksperimen yang diberi perlakuan berupa Model Problem Based Learning dan Media KIT IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, yang pastinya sudah melewati tahapan Uji Validasi dan Uji Reliabilitas. Adapun data yang dihasilkan melalui Uji Hipotesis One Sample T-Test menunjukkan bahwa T-hitung > T-tabel ini artinya bahwa H1 diterima dan terdapat Pengaruh pada Model Problem Based Learning dengan Media KIT IPA terhadap Hasil Belajar siswa pada konsep Getaran dan Gelombang.

References

Abdjul, T., & Uloli, R. (2019). Peningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Penggunaan Kit Ipa Pada Pembelajaran Fisika. Jambura Physics Journal, 1(2), 65–77. https://doi.org/10.34312/jpj.v1i2.5382

Darman, R. A. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Guepedia.

Djou, A., Buhungo, T. J., Supartin, & Arbie, A. (2022). Practicality of learning devices in problem-based learning implementation in contextual teaching and learning approach. Jurnal Pijar Mipa, 17(6), 748–753. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i6.4245

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Grup.

Husain, A., Odja, A. H., & Buhungo, T. J. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Konsep Dinamika Gerak di SMA Negeri 2 Gorontalo. Jurnal Luminous : Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 1–7.

Laili, A. ., Sutopo, & Diantoro, M. (2021). Ragam Kesulitan Siswa SMA dalam Menguasai Suhu dan Kalor. (JRPF) Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 6, 20–26.

Mawardi. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 20(1), 69. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3859

Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran. (Indonesia Jurnal Sakinah) Jurnal Pendidikan Dan Sosial Islam, 2, 14–23.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran. Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak, anggota IKAPI.

Odja, A. H., Hasan, M., & Mursalin. (2022). The Effect of Problem Based Learning Applied With Blended Learning on Students Problem Solving Skills. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 7(3), 248–255.

Pamungkasih, W., & Pusporini, W. (2018). Proceeding International Seminar on Education Innovation Issues and Challenges in Education for Education Sustainability Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa 25 th The Prompt of Using KIT IPA Toward Students Achievement on Science in Term of Scientific At. August, 1–10. http://jurnal.ustjogja.ac.id

Payu, C., Odja, A. H., Yusuf, M., & Supu, I. (2023). Pelatihan Penggunaan Alat KIT IPA bagi Guru-guru IPA Se-Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7, 2.

Putri, N. S., & Widodo, W. (2018). Pengembangan KIT IPA Sederhana Materi Pemuaian Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Panggul. Jurnal Pendidikan Sains, 6.

Rumini, S. (2020). PBL : Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) Berbantuan Media Gambar dalam pembelajaran IPS SMP. Penerbit Adab.

Satria, E. (2018). Pendekatan Lingkungan Dengan KIT IPA Seqip Untuk Peningkatan Keterampilan Proses Ilmiah Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Akrab Juara, 3(1), 40–60.

Sinar. (2019). Metode Active Learning (Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa). Deepublish.

Surani, D. (2019). Studi Literatur : Peran Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2, 456–469.

Usmeldi, & Amini, R. (2021). Pelatihan Penggunaan KIT IPA dan Pengembangan LKPD Berbasis Praktikum untuk Guru IPA. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(2), 56–65. https://doi.org/10.37640/japd.v1i2.1010

Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1–9.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Wulandasari, C., Mun’im, A., & Saenab, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga KIT IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal IPA Terpadu, 2(2), 18–23.

Downloads

Published

31-07-2023

How to Cite

Mokoagow, A., Supartin, S., Odja, A. H., Ntobuo, N. E., Yusuf, M., & Payu, C. S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Media KIT IPA Terhadap Hasil Belajar Konsep IPA. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 01–09. https://doi.org/10.31851/luminous.v5i2.16568

Issue

Section

Articles