PROFIL DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MEMILIKI HAMBATAN BELAJAR PADA KONSEP LISTRIK STATIS

Authors

  • Julanita Saleh
  • Abdul Haris Odja Universitas Gorontotalo
  • Masri Kudrat Umar
  • Sri Alda Rabiasa
  • Muznawaty Pilobu
  • Asnianti A. Awila
  • Siti Fatima

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v6i1.17123

Keywords:

inklusi, Slow learner, Listrik Statis

Abstract

Permendikbudristek No. 48 Tahun 2023  menjadi pedoman penting dalam menyediakan akomodasi yang layak bagi siswa penyandang disabilitas di berbagai jenjang pendidikan. Semua jenjang pendidikan harus memperhatikan penyandang disabilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis profil siswa yang memiliki hambatan dalam konteks pendidikan inklusi serta mengidentifikasi propil hasil belajar siswa pada konsep listrik statis pada siswa yang memiliki hambatan di SMP Negeri 1 Telaga Biru. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, ada beberapa siswa yang memiliki hambatan seperti slow learner, autisme dan strabismus yang ada di kelas VII, VIII dan IX. Untuk kelas VII terdapat 5 siswa yang memiliki kondisi slow learner dan 2 siswa memiliki kondisi autisme. Sedangkan, di kelas VIII terdapat 4 siswa dengan kondisi slow learner dan 1 siswa dengan kondisi strabismus serta di kelas IX terdapat 5 siswa dengan kondisi slow learner. Hasil belajar konsep listrik statis kelas IX pada siswa slow learner mengalami peningkatan pada tes awal, nilai rata-rata siswa hanya mencapai 19,67 setelah pembelajaran, nilai tes akhir rata-rata mencapai 59,5. Walaupun Nilai belum termasuk tuntas berdasarkan kriteria ketuntasan tetapi mengalami peningkatan sebesar 0.47. Hal yang dilakukan guru  diantaranya berperan aktif dalam proses pembelajaran mulai dari pengulangan materi yang diberikan, penggunaan media seperti laboratorium virtual dan percobaan sederhana.

Author Biography

Abdul Haris Odja, Universitas Gorontotalo

Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Gorontola

References

MAGICAL LEARNING TOOL FOR SLOW LEARNERS. International Journal of Research -GRANTHAALAYAH, 6(5), 407–412. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v6.i5.2018.1468

Amdany, P., Sularmi, S., & Sriyanto, M. I. (2018). Learning Motivation of Slow Learner in Elementary School. Social Humanities and Educational Studies (Shes) Conference Series, 1(1). https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23506

Fajra, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Pengembangan Model Kurikulum Sekolah Inklusi Berdasarkan Kebutuhan Perseorangan Anak Didik. Jurnal Pendidikan, 1, 51–63.

Handayani, T., & Rahadian, A. S. (2013). Peraturan Perundangan Dan Implementasi Pendidikan Inklusif. In Masyarakat Indonesia (Vol. 39, Issue 1).

Hasibuan, H. Y., Santosa, C. A. H. F., & Syamsuri, S. (2022). Slow Learners’ Performance in Solving Mathematical Problems in the Inclusive Classroom. Jurnal Elemen, 8(2), 449–465. https://doi.org/10.29408/jel.v8i2.5181

Hasibuan, H. Y., Syamsuri, Santosa, C. A. H. F., & Pamungkas, A. S. (2020). Profil Pembelajaran Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus Ragam Slow Learner di Kelas Inklusif SMP Garuda Cendekia Jakarta. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 37. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.993

Kazeni, M. (2020). Strategies Used by Grade Four Educators to Decode Science Terminology: A Case Study. Perspectives in Education, 38(1), 197–210. https://doi.org/10.18820/2519593x/pie.v38i1.14

Kemendikbudristek. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 48 Tahun 2023 Tentang Akomodasi Yang Layak Untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Formal, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Dan Pendidikan Tinggi. (Permen No. 48 Tahun 2023).

Khabibah, N. (2013). Penanganan Instruksional Bagi Anak Lambat Belajar (Slow Learner). Jurnal Didaktika, 19(2), 26–32.

Kumari, A., & Kataria, A. (2022). Effectiveness of Academic Intervention on Learning of Environmental Science Among Slow Learners. Asia Pacific Journal of Educators and Education, 37(2), 147–166. https://doi.org/10.21315/apjee2022.37.2.7

Margono. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Ningrum, N. A. (2022). Strategi Pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3.

Ru’iya, S., Kistoro, H. C. A., Parjiman, P., & Masduki, Y. (2023). Model of Religious Education for Slow Learner Children in Inclusive Schools in Indonesia. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 11(2), 475. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v11i2.861

Sunardi. (2005). Kecenderungan dalam pendidikan luar biasa. Jakarta: Depdikbud. Vaughn. Bos & Schumm. 2000. Adaptive mainstreaming. NY: John Wile.

Stainback, W. &Sianback, S. (1990). Support networks for inclusive schooling: Independent integrated education. Baltimore: Brookes Publishing

Wafiroh, H., & Harun, H. (2022). The Barriers in the Implementation of Mathematics Learning for Slow Learner During the COVID-19. Jurnal Elemen, 8(1), 144–160. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4525

Wahyudi, & Kristiawati, R. (2016). Gambaran Sekolah Inklusi Di Indonesia (Tinjauan sekolah menengah pertama). Jakarta: Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wanabuliandari, S., Ardianti, S. D., Gunarhadi, G., & Rejekiningsih, T. (2021). Study Analysis of Confidence Level on Slow Learner Students. International Journal of Elementary Education, 5(4), 584. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i4.39971

Downloads

Published

31-01-2025

How to Cite

Saleh, J., Odja, A. H., Umar, M. K., Rabiasa , S. A., Pilobu, M., Awila , A. A., & Fatima, S. (2025). PROFIL DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MEMILIKI HAMBATAN BELAJAR PADA KONSEP LISTRIK STATIS . Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 09–18. https://doi.org/10.31851/luminous.v6i1.17123

Issue

Section

Articles