Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Dhea Priti Arsitifani Junus Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Haris Odja Universitas Negeri Gorontalo
  • Muhammad Yusuf Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v6i1.17401

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar IPA di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa pada materi usaha dan pesawat sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel yang diguankan dalam penelitian ini adalah teknik Cluster Random Sampling. penelitian ini menggunakan 2 kelas, yaitu kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII7 sebagai kelas replikasi, yang ditentukan secara acak dengan cara pengundian. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik tes, adapun data yang dihasilkan melalui uji hipotesis, dan analisis n-gain. Hasil analisis data uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung dari seluruh kelas sampel lebih besar dari ttabel sehingga H1 diterima. Bersasarkan Hasil analisis ngain diperoleh kelas ekperimen sebesar 0,85 dan kelas replikasi sebesar 0,81, yang berarti seluruh kelas sampel termasuk kategori tinggi. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan pesawat sederhana.

References

Adjilahu, M., Yusuf, M., & Abdjul, T. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNINGI (PBL) PADA MATERI TEKANAN ZAT. Jambura Physics Journal, 3(2), 120–134. https://doi.org/10.34312/jpj.v3i2.11513

Al-ben, W., Yusuf, M., Uloli, R., Sawah Besar, J., Gorontalo, K., & Jenderal Sudirman, J. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELEJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Luminous, 3(1), 2022. https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/luminous

Anthoni Mukti Prasetyo, T., & Primarni, A. (2024). Analisis Penggunaan Think Pair Share dan Berpikir Kreatif dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di KecamatanLeuwiliang. https://doi.org/10.17467/jdi.v6i3.5309

Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1289

Erwandi, R., & Gusti Satria, T. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN SISWA (Vol. 18, Issue 3).

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58

Insani Putri, F. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswi Kelas VII C Dan VII D terhadap Mata Pelajaran IPA Fisika. Jurnal Ilmu Kependidikan,10(1). https://doi.org/10.33506/jq.v%vi%i.1329

Kusnandar, D. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Belajar IPA. MADRASCIENCE: Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, Dan Budaya, 1, 17–30.

http://www.madrascience.com/index.php/ms

Lukum Astin, Tirtawaty Abdjul, & I Made Hermanto (2022) The Validity of Google Sites Assisted Guided Inquiry Learning Material on Vibration, Waves, and Sounds. Science Education Journal(SEJ),6(2). https://doi.org/10.21070/sej.v%vi%i.1629

Mardliyati, N. F., & Malasari, P. N. (2023). Teknik Pembelajaran Matematika di Sekolah Luar Biasa Berbasis Kooperatif Tipe Think Pair Share. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 7(2), 108-116.

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Ribut Yuda Pradana, O., & Modern Ngawi, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Prestasi matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Jendela Pendidikan, 1.

Rukmini, A. (2020). Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Pembelajaran Pkn SD. In Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series (Vol.3,Issue3). https://jurnal.uns.ac.id/shes

Solehan, M. N., Yunginger, R., & Payu, C. S. (2022). Pengembangan alat peraga sederhana pada materi tekanan zat dan penerapannya di SMP Negeri 2 Batudaa kelas VIII. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 10(1), 7-15..

Tampi, S., Haris Odja, A., Gede, D., Setiawan, E., Prof, J., & Habibie, I. B. J. (n.d.). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN MATERI SUHU DAN KALOR: SEBUAH ANALISIS CAPAIAN HASIL BELAJAR. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/luminous

Downloads

Published

31-01-2025

How to Cite

Junus, D. P. A., Odja, A. H., & Yusuf, M. (2025). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 01–08. https://doi.org/10.31851/luminous.v6i1.17401

Issue

Section

Articles