MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS 3 SD ISLAM TERPADU MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

Authors

  • Karlina Sekolah Islam Terpadu Nurul Ilmi Jambi
  • Hadiyanto Hadiyanto Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi-Indonesia
  • Indryani Indryani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v6i1.17570

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan proses sains (SPS) siswa kelas 3 SD Islam Terpadu Nurul Ilmi melalui implementasi model pembelajaran Inkuiri terbimbing. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Kelas sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3D di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ilmi yang berjumlah 30 orang. Adapun elemen SPS yang diukur dalam penelitian ini difokuskan pada SPS dasar yang meliputi keterampilan observasi, klasifikasi, pengukuran, pengumpulan data, analisis data dan komunikasi. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus hingga seluruh siswa mendapatkan skor minimal 75 untuk setiap elemen keterampilan yang diukur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan tiga siklus mampu meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas 3 SD Islam Terpadu Nurul Ilmi Jambi. Hasil analisis data  menunjukkan bahwa SPS peserta didik pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 35% meningkat menjadi 61,1% pada siklus II, dan meningkat menjadi 88,8% pada siklus III. Diakhir penelitian ini, penulis menyarankan agar guru-guru perlu mengimplementasikan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan SPS siswa dimasa depan.

References

Aditiyas, S. E., & Kuswanto, H. (2024). Analisis Implementasi Keterampilan Proses Sains Di Indonesia Pada Pembelajaran Fisika : Literatur Review. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(2). Https://Doi.Org/10.26877/Jp2f.V15i2.15912

Alfathy, R. M., Saputro, S., Sarwanto, S., & Ramli, M. (2024). Implementation Of Sustainable Development Goals In Higher Education Modalities: Literature Review. Journal Of Turkish Science Education, 21(1), 22–43. Https://Doi.Org/10.36681/Tused.2024.002

Anjugam, R., & Chellamani, K. (2024). Science Process Skills: A Trend Analysis Of Research. The International Journal Of Indian Psychȯlogy, 12(1), 772–781. Https://Doi.Org/10.25215/1201.073

Brookhart, S. M. (2024). Education Sciences Teachers Revisited. Education Sciences, 14(75).

Darmayanti. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Vi Di Sd N 1 Cempaga. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (Jppsi), 5(2), 119–127. Https://Doi.Org/10.23887/Jppsi.V5i2.52638

Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Menengah Atas Skills Analysis Of Science Process Of High School Students. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa.

Eni Apriani. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing ( Guided Inquiry ) Terhadap Motivasi Belajar Dan Keaktifan Siswa Kelas Viii Di Dusun Jerneng Lombok Tengah Eni Apriani Mukminah Ceramah Yang Dimana Model Pembelajaran Ini Yang Masih Berfokus Kepada Guru ( Tea. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (Jubpi), 2(3).

Fitriana Prabandari. (2023). Pengaruh Penerapan Metodepembelajaraninkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 08, 291–301.

Grayson, K., & Grayson, J. P. (2024). University Quality, British League Tables And Student Stakeholders. Quality In Higher Education, 30(2), 257–284. Https://Doi.Org/10.1080/13538322.2023.2235732

Harvey, L. (2024). Extended Editorial: Defining Quality Thirty Years On: Quality, Standards, Assurance, Culture And Epistemology. Quality In Higher Education, 30(2), 145–184. Https://Doi.Org/10.1080/13538322.2024.2355026

Helvina, M. (2023). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Dalam Penerapan Model Clis ( Children Learning In Science ) Terintegrasi Etnosains. Journal On Teacher Education, 4(4), 216–223.

Hopfenbeck, T. N. (2024). Bridging The Gap: From Assessment Theory To Classroom Reality. Assessment In Education: Principles, Policy And Practice, 31(3–4), 185–188. Https://Doi.Org/10.1080/0969594x.2024.2405227

Ihwan Mahmudi, Muh. Zidni Athoillah, Eko Bowo Wicaksono, & Amir Reza Kusuma. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507–3514. Https://Doi.Org/10.55927/Mudima.V2i9.1132

Iqra, I. (2018). Konsep Dasar Evaluasi Hasil Belajar Siswa Di Sekolah. El-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 151–159. Https://Doi.Org/10.52266/El-Muhbib.V2i2.373

Ischak, N. I., Odja, E. A., La Kilo, J., & La Kilo, A. (2020). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Melalui Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Asam Basa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 8(2), 58. Https://Doi.Org/10.33394/Hjkk.V8i2.2748

Isticharoh, I. (2019). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Akademik ( Survei Smp Swasta Di Jakarta Selatan ). Alfarisi: Jurnal Pendidikan Mipa, 2(2), 153–158.

Juhji. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Ipa, 2(1), 58–70.

Kharisma, N. D., Wijaya, B. R., & Madura, U. T. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Iv. Jurnal Media Akademik (Jma), 2(7).

Koomson, A., Kwaah, C. Y., & Adu-Yeboah, C. (2024). Effect Of Science Process Skills And Entry Grades On Academic Scores Of Student Teachers. Journal Of Turkish Science Education, 21(1), 118–133. Https://Doi.Org/10.36681/Tused.2024.007

Mauizah H. (2024). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Model Project Based Learning Pada Materi Sel Di Aceh Besar. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(1), 375–384.

Maulida, A., Nawir, M., Ariadi, P., & Dinata, C. (2024). Bahana Pendidikan : Jural Pendidikan Sains Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Pada Materi Pesawat Sederhana Untuk Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Smp. Bahana Pendidikan: Jural Pendidikan Sains, 6(1), 29–34.

Mirawati, M., & Nugraha, R. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(1), 13–27. Https://Doi.Org/10.35568/Earlychildhood.V1i1.50

Mursali, S., Sri Hastuti, U., Zubaidah, S., & Rohman, F. (2024). Guided Inquiry With Moodle To Improve Students’ Science Process Skills And Conceptual Understanding. International Journal Of Evaluation And Research In Education , 13(3), 1875–1884. Https://Doi.Org/10.11591/Ijere.V13i3.27617

Mutmainnah, S. N., Padmawati, K., Puspitasari, N., & Prayitno, B. A. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains ( Kps ) Mahasiswa Pendidikan Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Profile Of Science Process Skills In Biology Education ( Case Study At A University In Surakarta ). Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 3, 49–56.

Ngazizah, N., Yulianty, R., Septiana, D., Suwardi, D., Sholihah, A., & Muhammadiyah Purworejo, U. (2023). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas V Sd Muhammadiyah Se-Kabupaten Purworejo. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 2477–2143.

Papunggo, A. F., Rondonuwu, A. T., & Rungkat, J. A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Zat Aditif Dan Akditif Di Smp Negeri 2 Tondano Application Of The Guided Inquiry Learning Model To Improve Student Learning Outcomes On Additives And Acriti. Soscied, 7(1).

Rahmat, Hartono, & Muharrar, S. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Objektifikasi Kritis Pendidikan Seni. Jurnal Seni Pertunjukan Boting Langi, 4(1), 215–225.

Rytivaara, A., Ahtiainen, R., Palmu, I., Pesonen, H., & Malinen, O. P. (2024). Learning To Co-Teach: A Systematic Review. Education Sciences, 14(1), 1–17. Https://Doi.Org/10.3390/Educsci14010113

Sánchez-Mendías, J., Miñán-Espigares, A., & Rodríguez-Fernández, S. (2024). Perception Of Teachers’ Attitudes And Training Competence Of Teachers In The Field Of Mathematics. Education Sciences, 14(1). Https://Doi.Org/10.3390/Educsci14010109

Satriani. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Global Journal Education And Learning, 1, 21–31.

Siswono, H. (2017). Analisis Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Momentum: Physics Education Journal. Https://Doi.Org/10.21067/Mpej.V1i2.1967

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. Https://Doi.Org/10.25078/Aw.V4i1.927

Syafiqah, I. W., Arsyad, A. A., & Ramlawati. (2024). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas Viii Smp Ter-Akreditasi A Se-Kecamatan Rappocini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.62388/Jpdp.V4i1.408

Yunita, N., & Nurita, T. (2023). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Daring. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS DARING, 9(3), 378–385.

Downloads

Published

31-01-2025

How to Cite

Karlina, Hadiyanto, H., & Indryani, I. (2025). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS 3 SD ISLAM TERPADU MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 19–29. https://doi.org/10.31851/luminous.v6i1.17570

Issue

Section

Articles