PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL SECARA DARING BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI

Authors

  • Firman Ma’ruf STKIP Al Hikmah Surabaya
  • Agus Rohman STKIP Al Hikmah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v2i1.5157

Keywords:

Kontekstual, proyek, prestasi belajar

Abstract

Masa pandemi covid 19 belum berakhir, tentu hal ini menjadi masalah yang perlu dicarikan alternatif solusinya, khusunya dalam mengajar ilmu fisika pada peserta didik. Mengingat mata pelajaran fisika tidak hanya mengajar pada produk, namun juga pada aspek psikomotor dan afektif peserta didik. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi efektivitas model pembelajaran kontekstual berbasis proyek selama pembelajaran fisika dilakukan secara berani. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas 2 siklus. Siklus pertama menggunakan model pembelajaran kontekstual, sedangkan siklus kedua menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis proyek. Model pembelajaran yang Keefektifan yang diukur adalah aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, aktifitas guru, aktivitas peserta didik, dan prestasi belajar peserta didik ditinjau dari yang tuntas dan tidak tuntas masing-masing memiliki rerata 65%, 66%, peserta didik tuntas 13 orang, dan yang tidak tuntas 23 orang . Siklus 2 diperoleh hasil aktifitas guru, aktivitas peserta didik, prestasi belajar yang, dan peserta didik yang tidak tuntas masing-masing sebagai berikut 85%, 86%, 31 orang, dan 5 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat dilihat dari model pembelajaran kontekstual berbasis proyek yang efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik selama masa pandemi covid 19 yang dilakukan secara berani. dan prestasi belajar peserta didik ditinjau dari yang tuntas dan tidak tuntas masing-masing memiliki rerata 65%, 66%, peserta didik tuntas 13 orang, dan yang tidak tuntas 23 orang. Siklus 2 diperoleh hasil aktifitas guru, aktivitas peserta didik, prestasi belajar yang, dan peserta didik yang tidak tuntas masing-masing sebagai berikut 85%, 86%, 31 orang, dan 5 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat dilihat dari model pembelajaran kontekstual berbasis proyek yang efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik selama masa pandemi covid 19 yang dilakukan secara berani. dan prestasi belajar peserta didik ditinjau dari yang tuntas dan tidak tuntas masing-masing memiliki rerata 65%, 66%, peserta didik tuntas 13 orang, dan yang tidak tuntas 23 orang. Siklus 2 diperoleh hasil aktifitas guru, aktivitas peserta didik, prestasi belajar yang, dan peserta didik yang tidak tuntas masing-masing sebagai berikut 85%, 86%, 31 orang, dan 5 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat dilihat dari model pembelajaran kontekstual berbasis proyek yang efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik selama masa pandemi covid 19 yang dilakukan secara berani. dan peserta didik yang tidak tuntas masing-masing sebagai berikut 85%, 86%, 31 orang, dan 5 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat dilihat dari model pembelajaran kontekstual berbasis proyek yang efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik selama masa pandemi covid 19 yang dilakukan secara berani. dan peserta didik yang tidak tuntas masing-masing sebagai berikut 85%, 86%, 31 orang, dan 5 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat dilihat dari model pembelajaran kontekstual berbasis proyek yang efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik selama masa pandemi covid 19 yang dilakukan secara berani.

References

Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika.

Arikunto. (1998). Metodologi Penelitian. [on-line] Tersedia: belajarstatistik.wordpress.com/ 2008/09/28/metodologi-penelitian [3 Maret 2014]

Depdikbud. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud.

Hidayah, A., & Yuberti, Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap Keterampilan Proses Belajar Fisika Siswa Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 21–27.

Molinda, M. (2005), Instructional Technology and Media for Learning New Jersey Colombus, Ohio

Rahayuningsih, E. & Dwiyanto, D. (2005). Pembelajaran di Laboratorium. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Pendidikan UGM. 2002.

Sucilestari, R. & Arizona, K. (2018). Pengaruh Project Based Learning pada Matakuliah Elektronika Dasar terhadap Kecakapan Hidup Mahasiswa Prodi Tadris Fisika UIN Mataram. Konstan Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 3 (1), 26-35. https://jurnalkonstan.ac.id/index.php/jurnal/article/view/4

DOI: https://doi.org/10.20414/konstan.v3i1.4

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

31-01-2021

How to Cite

Ma’ruf, F., & Rohman, A. (2021). PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL SECARA DARING BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 34–39. https://doi.org/10.31851/luminous.v2i1.5157