PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL SECARA DARING BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v2i1.5157Keywords:
Kontekstual, proyek, prestasi belajarAbstract
Masa pandemi covid 19 belum berakhir, tentu hal ini menjadi masalah yang perlu dicarikan alternatif solusinya, khusunya dalam mengajar ilmu fisika pada peserta didik. Mengingat mata pelajaran fisika tidak hanya mengajar pada produk, namun juga pada aspek psikomotor dan afektif peserta didik. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi efektivitas model pembelajaran kontekstual berbasis proyek selama pembelajaran fisika dilakukan secara berani. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas 2 siklus. Siklus pertama menggunakan model pembelajaran kontekstual, sedangkan siklus kedua menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis proyek. Model pembelajaran yang Keefektifan yang diukur adalah aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, aktifitas guru, aktivitas peserta didik, dan prestasi belajar peserta didik ditinjau dari yang tuntas dan tidak tuntas masing-masing memiliki rerata 65%, 66%, peserta didik tuntas 13 orang, dan yang tidak tuntas 23 orang . Siklus 2 diperoleh hasil aktifitas guru, aktivitas peserta didik, prestasi belajar yang, dan peserta didik yang tidak tuntas masing-masing sebagai berikut 85%, 86%, 31 orang, dan 5 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat dilihat dari model pembelajaran kontekstual berbasis proyek yang efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik selama masa pandemi covid 19 yang dilakukan secara berani. dan prestasi belajar peserta didik ditinjau dari yang tuntas dan tidak tuntas masing-masing memiliki rerata 65%, 66%, peserta didik tuntas 13 orang, dan yang tidak tuntas 23 orang. Siklus 2 diperoleh hasil aktifitas guru, aktivitas peserta didik, prestasi belajar yang, dan peserta didik yang tidak tuntas masing-masing sebagai berikut 85%, 86%, 31 orang, dan 5 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat dilihat dari model pembelajaran kontekstual berbasis proyek yang efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik selama masa pandemi covid 19 yang dilakukan secara berani. dan prestasi belajar peserta didik ditinjau dari yang tuntas dan tidak tuntas masing-masing memiliki rerata 65%, 66%, peserta didik tuntas 13 orang, dan yang tidak tuntas 23 orang. Siklus 2 diperoleh hasil aktifitas guru, aktivitas peserta didik, prestasi belajar yang, dan peserta didik yang tidak tuntas masing-masing sebagai berikut 85%, 86%, 31 orang, dan 5 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat dilihat dari model pembelajaran kontekstual berbasis proyek yang efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik selama masa pandemi covid 19 yang dilakukan secara berani. dan peserta didik yang tidak tuntas masing-masing sebagai berikut 85%, 86%, 31 orang, dan 5 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat dilihat dari model pembelajaran kontekstual berbasis proyek yang efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik selama masa pandemi covid 19 yang dilakukan secara berani. dan peserta didik yang tidak tuntas masing-masing sebagai berikut 85%, 86%, 31 orang, dan 5 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat dilihat dari model pembelajaran kontekstual berbasis proyek yang efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik selama masa pandemi covid 19 yang dilakukan secara berani.
References
Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika.
Arikunto. (1998). Metodologi Penelitian. [on-line] Tersedia: belajarstatistik.wordpress.com/ 2008/09/28/metodologi-penelitian [3 Maret 2014]
Depdikbud. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud.
Hidayah, A., & Yuberti, Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap Keterampilan Proses Belajar Fisika Siswa Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 21–27.
Molinda, M. (2005), Instructional Technology and Media for Learning New Jersey Colombus, Ohio
Rahayuningsih, E. & Dwiyanto, D. (2005). Pembelajaran di Laboratorium. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Pendidikan UGM. 2002.
Sucilestari, R. & Arizona, K. (2018). Pengaruh Project Based Learning pada Matakuliah Elektronika Dasar terhadap Kecakapan Hidup Mahasiswa Prodi Tadris Fisika UIN Mataram. Konstan Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 3 (1), 26-35. https://jurnalkonstan.ac.id/index.php/jurnal/article/view/4
DOI: https://doi.org/10.20414/konstan.v3i1.4
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.