PENGEMBANGAN ALAT PERAGA TANDA (TANGGA NADA) BERBAHAN BEKAS PAKAI MATERI RESONANSI BUNYI UNYUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VIIII SMP

Authors

  • Putri Sion Tobing Universitas PGRI Palembang
  • Patricia Lubis Ph.D Universitas PGRI Palembang
  • Dr. Sulistiawati M.si Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v2i1.5191

Keywords:

Kata kunci, Alat peraga berbahan bekas pakai, resonansi bunyi, hasil belajar kognitif

Abstract

Salah satu cara agar proses pembelajaran berjalan dengan efektif adalah dengan menggunakan sarana penunjang pembelajaran seperti halnya alat peraga. Alat peraga sendiri memiliki pengertian perangkat yang digunakan pendidik untuk mentransfer ilmu kepada peserta didik agar lebih praktis dan efektif sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Pembelajaran dengan menggunakan alat peraga juga akan membuat suasana belajar menjadi menarik dan menyenangkan. Telah dikembangkan alat peraga berbahan bekas pakai pada materi resonansi bunyi untuk membantu proses pembelajaran agar semakin efektif dan menyenangkan serta dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil N-gain = 0,78. Dengan demikian maka diketahui alat peraga tangga nada berbahan bekas pakai ini dapat membantu proses pembelajaran agar lebih efektif dan efisien.

 Kata kunci: Alat peraga berbahan bekas pakai, resonansi bunyi, hasil belajar kognitif 

Author Biographies

Patricia Lubis Ph.D, Universitas PGRI Palembang

Dosen Pembimbing 1

Dr. Sulistiawati M.si, Universitas PGRI Palembang

Dosen Pembimbing 2

Downloads

Published

08-07-2021

How to Cite

Tobing, P. S., Ph.D, P. L., & M.si, D. S. (2021). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA TANDA (TANGGA NADA) BERBAHAN BEKAS PAKAI MATERI RESONANSI BUNYI UNYUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VIIII SMP. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 22–27. https://doi.org/10.31851/luminous.v2i1.5191