PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MENGGUNAKAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN EDMODO
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v2i1.5237Keywords:
Inkuiri Terbimbing, Edmodo, Pemahaman KonsepAbstract
Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMA PGRI Gelumbang melalui kegiatan observasi dan wawancara menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep Fisika siswa masih rendah. Kegiatan pembelajaran yang cenderung monoton mengakibatkan siswa kesulitan dalam memahami konsep materi yang diajarkan. Penerapan pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan Edmodo memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep Fisika. Sampel dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design dengan subjek penelitian peserta didik kelas X IPA 2 di SMA PGRI Gelumbang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan soal tes berbentuk essai berjumlah 10 (sepuluh) butir soal. Tes diberikan dalam dua tahap yaitu pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan terjadi suatu peningkatan terhadap kemampuan pemahaman konsep Fisika siswa dengan perolehan N-gain sebesar 0,74 dalam kategori tinggi.
References
Tiur.S, N., Sari, Y. S., & Darvina, Y. (2019). Analisis Uji Validitas Lks Berorientasi Hots Dalam Model Inkuiriterbimbing Pada Materi Fluida Statik Dikelas Xi Fisika Sma/Ma. Pillar Of Physics Education, 12, 673-680.
Aqib, Z., Jairoyah, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya. 41
Fenica, I., Muderawan, W., & Widiartini, P. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia. Pendidikan Kimia Indonesia, 1, 1-6.
Pranata, E. (2016, Maret). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jpmi, 1, 34-38.
Sakdiah, Mursai, & Syukri, M. (2018). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kps Pada Materi Listrik Dinamis Siswa Smp. JIPI, 2, 41-49.
Alifiyanti, I. F., Afifah, H. F., & Ramadoan, N. (2018). Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Berbasis Edmodo Materi Fluida Dinamis Untuk Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Sekolah Menengah., (Pp. 155-162). Yogyakarta.
Sholihah, M., Saddhono, K., & Anindyarini, A. (2018, April). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Didalam Dan Luar Negeri (Studi Kasus Pembelajaran Teks Biografi Di Sma Negeri 1 Surakarta Dan Sekolah Indonesia Singapura) . Basastra, 6, 184-199.
Syarif, D. M., Putra, A., & Dwiridal, L. (2018, Oktober). Analisis Kelayakan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Inkuiri Terbimbing Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Untuk Pembelajaran Fisika Di Kelas X Sma/Ma. Pillar Of Physics Education, 11, 34.
Suryani, N., & Agung, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak. 43.
Kurniasih, R., Sujadi, I., & Subanti, S. (2016, Desember). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Edmodo Untuk Meningkatkan Level Berfikir Probabilistik Siswa Kelas Viii Smp Negeri 12 Surakarta. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4, 961-972.
Ratnawati, F.A. (2020, Juni), Pengembangan Bahan
Ajar Berbasis Pembelajaran Problem Posing
Berbantuan Edmodo Untuk Meningkatkan
Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi
Fluida Dinamis. JPEP, 2, 9-23.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.