PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS MULTIMODUS REPRESENTASI PADA KONSEP MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Authors

  • Masrifah Masrifah Universitas Khairun Ternate
  • Nasrun Balulu
  • Haryanti Nengkeula Universitas Khairun Ternate

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v2i2.6278

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis multimodus representasi pada konsep momentum dan impuls untuk melatihkan keterampilan proses sains yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research & Development (R&D) menurut Borg and Gall yang dibatasi sampai dengan tahap kelima, yakni revisi produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan LKPD ini berupa instrumen validasi LKPD yang divalidasi oleh beberapa ahli di bidang Fisika, yakni 3 orang dosen program studi Fisika dan 2 guru SMA. Data hasil validasi yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata persentase untuk komponen isi sebesar 3,47%, komponen tampilan sebesar 3,45% dan komponen bahasa sebesar 3,72%. Sedangkan rata-rata persentase total komponen sebesar 3,55% dan berada pada kategori sangat valid. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis multimodus representasi yang dikembangkan untuk melatihkan keterampilan proses sains pada konsep momentum dan impuls layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk siswa SMA kelas X.

References

Deden. (2015). Penerapan pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran ekonomi. Diakses pada tanggal 05 April 2018 dari https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwilvdS288XhAhXVFogKHT1UDS4QFjAAegQIABAC&url=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F21691%2F1%2F11%2520Deden.pdf&usg=AOvVaw3pcy06VijhLUW7B_rrerNE

Widodo Slamet. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar. JPIS, 26(2), 189-204.

Permatasari Bella. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis POE untuk pembelajaran fisika materi momentum dan impuls SMA.

Borg & Gall, (2003) Education Research: An Introduction. Eighth Edition. Boston, USA: Person Education, inc.

Ratumanan, G.T dan Laurens, T. (2011). Penilaian Hasil Belajar Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

Ainsworth, S. (1999). The functions of multiple representations. Computer and Education Journal. 33, 131-152.

Masrifah, Setiawan A, Sinaga P, dan Setiawan W. (2020). An Investigation of Physics Teachers’ Multiple Representation Ability on Newton’s Law Concept. JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika). 6(1), 105-111.

Limatahu I dan Rahman R. (2020). Melatihkan Keterampilan Proses Sains siswa SMA Negeri 8 Kota Ternarte melalui penerapan model pembelajaran CCDSR (Condition, Construction, Development, Simulation, Reflection). JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains). 9(2).

Downloads

Published

13-08-2021

How to Cite

Masrifah, M., Balulu, N., & Nengkeula, H. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS MULTIMODUS REPRESENTASI PADA KONSEP MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 18–23. https://doi.org/10.31851/luminous.v2i2.6278

Issue

Section

Articles