ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPA SMP KOTA TERNATE DALAM PEMBELAJARAN LITERASI SAINS
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v2i2.6279Keywords:
kompetensi pedagogik, literasi sainAbstract
 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru IPA dalam pembelajaran literasi sains. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2, SMPN 6, dan SMPN 7 kota Ternate dengan melibatkan subjek penelitian sebanyak 3 guru fisika. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif untuk melihat kompetensi guru fisika pada pembelajaran literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik  subyek G01 pada indikator 1,2,3,4, 10 tergolong sangat baik dan untuk indikator 5,6,7,8,9 berada pada kriteria baik. Sedangkan kompetensi pedagogik subyek G02 indikator 1,3,4,5,6,7,8,9,10 menunjukkan kriteria sangat baik dan indikator 2 kriteria baik. Selanjutnya kompetensi pedagogik subyek G03 untuk indikator 1,4,5,6,7,8,9,10 berada pada kriteria sangat baik dan indikator 2,3 kriteria baik. Hasil wawancara menunjukkan bahwa subyek menerima kebijakan pemerintah terkait pengembangan kurikulum serta implementasinya dalam pembelajaran literasi sains yang sesuai tuntutan kurikulum K13. Sehingga dapat disimpulkan  bahwa semua subyek memenuhi indikator pada kompetensi pedagogik
References
Astutik, S., (2019). Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Untuk Meningkatkan Efektif Kolaboratif Ilmiah dan Kreativitas Ilmiah Siswa. Tidak dipublikasikan.
Dinata, A.N. & Yusuf, H. A. & Amprasto. (2018). Pengaruh Field Trip Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Sikap Terhadap Sains Siswa SMA Pada Materi Ekosistem. Indonesian Journal of Biology Education 1(1): 8-13.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta.
Faisal, Sanapiah. 1990. Penelitian Kualitatif (dasar-dasar dan aplikasi). Malang: Ya3 Malang.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Peraturan Pemerintah RI No. 16 Tahun 2007 tentang standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Prabowo. (2011). Metodologi Penelitian (Sains dan Pendidikan Sains). Penerbit Unesa University Press. Surabaya.
Sopiatin, Popi. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.