ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPA SMP KOTA TERNATE DALAM PEMBELAJARAN LITERASI SAINS

Authors

  • Nasrun Balulu Program studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Khairun Ternate
  • Masrifah Masrifah Program studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Khairun Ternate
  • La Eki Program studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Khairun Ternate

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v2i2.6279

Keywords:

kompetensi pedagogik, literasi sain

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru IPA dalam pembelajaran literasi sains. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2, SMPN 6, dan SMPN 7 kota Ternate dengan melibatkan subjek penelitian sebanyak 3 guru fisika. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif untuk melihat kompetensi guru fisika pada pembelajaran literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik  subyek G01 pada indikator 1,2,3,4, 10 tergolong sangat baik dan untuk indikator 5,6,7,8,9 berada pada kriteria baik. Sedangkan kompetensi pedagogik subyek G02 indikator 1,3,4,5,6,7,8,9,10 menunjukkan kriteria sangat baik dan indikator 2 kriteria baik. Selanjutnya kompetensi pedagogik subyek G03 untuk indikator 1,4,5,6,7,8,9,10 berada pada kriteria sangat baik dan indikator 2,3 kriteria baik. Hasil wawancara menunjukkan bahwa subyek menerima kebijakan pemerintah terkait pengembangan kurikulum serta implementasinya dalam pembelajaran literasi sains yang sesuai tuntutan kurikulum K13. Sehingga dapat disimpulkan  bahwa semua subyek memenuhi indikator pada kompetensi pedagogik

References

Astutik, S., (2019). Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Untuk Meningkatkan Efektif Kolaboratif Ilmiah dan Kreativitas Ilmiah Siswa. Tidak dipublikasikan.

Dinata, A.N. & Yusuf, H. A. & Amprasto. (2018). Pengaruh Field Trip Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Sikap Terhadap Sains Siswa SMA Pada Materi Ekosistem. Indonesian Journal of Biology Education 1(1): 8-13.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta.

Faisal, Sanapiah. 1990. Penelitian Kualitatif (dasar-dasar dan aplikasi). Malang: Ya3 Malang.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peraturan Pemerintah RI No. 16 Tahun 2007 tentang standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Prabowo. (2011). Metodologi Penelitian (Sains dan Pendidikan Sains). Penerbit Unesa University Press. Surabaya.

Sopiatin, Popi. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.

Downloads

Published

13-08-2021

How to Cite

Balulu, N., Masrifah, M., & Eki, L. (2021). ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPA SMP KOTA TERNATE DALAM PEMBELAJARAN LITERASI SAINS. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 24–29. https://doi.org/10.31851/luminous.v2i2.6279

Issue

Section

Articles