ANALISIS PENGGUNAAN E-MODUL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA; STUDI LITERATUR

Authors

  • Saprudin Saprudin Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Khairun
  • Ade Hi Haerullah Pendidikan Biologi
  • Fatma Hamid Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v2i2.6373

Keywords:

e-modul, Pembelajaran Fisika, Software

Abstract

Artikel ini merupakan bagian dari penelitian terkait pengembangan e-modul Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berorientasi keterampilan berpikir kreatif siswa sekolah menengah pertama (SMP). Artikel ini mendeskripsikan salah satu hasil analisis kebutuhan yakni kajian penelitan terdahulu terkait penggunaan e-modul dalam pembelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur yakni kajian artikel-artikel hasil penelitian terkait penggunaan e-modul dalam pembelajaran fisika yang dipublikasikan pada jurnal maupun prosiding di Indonesia. Berdasarkan hasil kajian penelitian terdahulu disimpulkan bahwa e-modul telah banyak digunakan dalam pembelajaran fisika. E-modul dapat dirancang dengan menggunakan software 3D pageflip professional, adobe animate CC, sigil, kvisoft flipbook maker, exe-Learning, aplikasi berbasis android atau integrasi aplikasi CMS wordpress, situs berbagi video Youtube dan QMS classmarker. Pengembangan e-modul dalam pembelajaran fisika ditujukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, meningkatkan keterampilan proses sains, literasi sains, motivasi serta hasil belajar siswa. Hasil kajian ini dapat dimafaatkan sebagai acuan dalam melakukan pengembangan e-modul dalam pembelajaran fisika di masa yang akan datang. 

Author Biographies

Ade Hi Haerullah, Pendidikan Biologi

Universitas Khairun

Fatma Hamid, Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Khairun

Universitas Khairun

References

Aditya, S., Haryoto, D., & Pramono, N. A. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Android untuk Siswa SMA/MA Kelas X Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 4(2), 70-73

Agustia, F. S., & Fauzi, A. (2020). Efektivitas E-Modul Fisika SMA Terintegrasi Materi Kebakaran Berbasis Model Problem Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 6(1), 1-8

Andani, M. (2020). E-Modul Fisika Dasar I Berbasis 3D Pageflip Professional. Schrodinger: Journal of Physics Education, 1(2), 44-47.

Gustiningrum, S. J., Budi, E., & Siswoyo, S. (2019). Pengembangan E-Modul Fisika Phyheart (Physics Heat and Temperature) Berbasis Android dengan Pendekatan Learning Cycle 5E pada Materi Suhu dan Kalor untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 8, pp. SNF2019-PE).

Haspen, C. D. T., & Festiyed, F. (2019). Meta-Analisis Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 180-187

Kemenristekdikti. (2019). Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik/Pangkat Dosen. Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti.

Latifah, N., Ashari, A., & Kurniawan, E. S. (2020). Pengembangan e-Modul Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 1(1), 1-7.

Liana, Y. R., Ellianawati, E., & Hardyanto, W. (2019). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 926-932).

Mayanty, S., Astra, I. M., & Rustana, C. E. (2018, May). Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika (pp. 1-13).

Mukramah, W. A. N., Jannah, M & Wahid, M. A. (2020). E-Modul Termodinamika Berbasis Flipbook Maker. Jurnal Phi, 1(3), 1-7

Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 89-98.

Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press

Nurhasnah, N., & Sari, L. A. (2020). E-Modul Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik SMA/MA Kelas XI. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 29-40.

Nurmayanti, F., Bakri, F., & Budi, E. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Fisika dengan Strategi PDEODE pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas untuk Siswa Kelas XI SMA. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 2015, 337.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17-25.

Sari, W., & Pathoni, H. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis 3D Pageflip Professional pada Materi Konsep Dasar Fisika Inti dan Struktur Inti Mata Kuliah Fisika Atom dan Inti. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(01), 38-50.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2008). Instructional technology and media for learning (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Invotec, 9(2), 110-116

Sujanem, R., Suswandi, I., & Yasa, P. (2020). Pelatihan Pembuatan E-Modul Fisika Bermuatan Keterampilan Berpikir Kritis bagi Guru Fisika SMAN 1 Mengwi. In Proceeding Senadimas Undiksha, 793-801.

Sumiati, E., Septian, D., & Faizah, F. (2018). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Scientific Approach untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 4(2), 75-88.

Suyoso, S., & Nurohman, S. (2014). Pengembangan modul elektronik berbasis web sebagai media pembelajaran fisika. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(1), 73-82

Wiyoko, T., Sarwanto, S., & Rahardjo, D. T. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Modul Elektronik Animasi Interaktif untuk Kelas XI SMA Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2).

Downloads

Published

27-08-2021

How to Cite

Saprudin, S., Haerullah, A. H., & Hamid, F. (2021). ANALISIS PENGGUNAAN E-MODUL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA; STUDI LITERATUR. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 38–42. https://doi.org/10.31851/luminous.v2i2.6373

Issue

Section

Articles