ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 MATERI MOMENTUM DAN IMPULS
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.6466Keywords:
analisis kebutuhan, media animasi, Adobe Flash Professional CS6, momentum dan impulsAbstract
Penelitian ini membahas tentang media pembelajaran yang digunakan guru, sumber belajar yang dibutuhkan peserta didik dan kendala dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran yang dapat menunjang pemahaman peserta didik terhadap konsep materi yang abstrak dan sulit dengan bantuan animasi berbasis Adobe Flash Professional CS6. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 27 peserta didik kelas X IPA. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan angket. Media yang dikembangkan berupa media animasi yang berisikan gambar, teks, animasi, suara, video, dan menu-menu interaktif. Pembuatan media animasi menggunakan software Adobe Flash Professional CS6. Hasil analisis kebutuhan peserta didik diperoleh 70,4% peserta didik menyatakan kesulitan dalam pelajaran fisika dan guru tidak pernah menggunakan media animasi. Sedangkan, 81,5% peserta didik membutuhkan media animasi untuk membantu memahami materi pelajaran. Hasil analisis tersebut menunjukkan perlu dikembangkannya media animasi berbasis Adobe Flash Professional CS6 pada materi momentum dan impuls.
References
Afriani, Lola, and Yanti Fitria. 2021. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Berbantuan Adobe Flash Cs6 Untuk Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.†3(4):2141–48.
Alauddin, Enggar Yudistira, M. Mukhlis Rohmadi, and Hadma Yuliani. 2020. “Pengembangan Media Animasi Menggunakan ADOBE FLASH CS6 Untuk Pembelajaran Fluida Statis Di SMA.†2(1):1–15.
Anggraini, Lilik, Sri Rahayu Lestari, and Nursasi Handayani. 2020. “Pengembangan Multimedia Interaktif Biologi Berbasis Adobe Flash CS6 Pada Materi Sistem Sirkulasi Manusia Kelas XI MIPA SMA Nasional Malang.†10:85–91.
Aswirna, Prima, Wahyudi, Hurriyah, and Amalina. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Adobe Flash Pada Materi Kalor, Perpindahan Kalor Serta Teori Kinetik Gas Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa.†Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA 6(1):66–80.
Ciputra, Agustianamas, Yatim Riyanto, and Suhanadji. 2021. “Pengembangan Media Peta Puzzle Berbasis Adobe Flash Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.†AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 7(2):185–95. doi: 10.53627/jam.v7i2.3866.
Hidayah, Sofiyatul, Sri Wahyuni, and Hety Mustika Ani. 2017. “PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN APLIKASI ADOBE FLASH CS6 UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PERAN, FUNGSI DAN MANFAAT PAJAK (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2016.†JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial 11(1):117. doi: 10.19184/jpe.v11i1.5012.
Jalaluddin, Muh., Muh. Yuris, and Sayahdin Alfat. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika SMA Kelas XI Menggunakan Adobe Flash Professional CS6 Pada Materi Momentum Dan Impuls.†Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika 4(4):174. doi: 10.36709/jipfi.v4i4.9743.
Khumaidi, Alifudin, and Imam Sucahyo. 2018. “Pengembangan Mobile Pocket Book Fisika Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Momentum Dan Impuls.†Inovasi Pendidikan Fisika 7(2):154–58.
Latifah, Nur, Zulela Ms, and Fahrurrozi. 2021. “Analisis Kebutuhan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Berbasis Multimedia.†Jurnal Basicedu 5(4):2156–63.
Muthoharoh, Vivin, and Norida Canda Sakti. 2021. “Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Menengah Atas.†Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(2):364–75. doi: 10.31004/edukatif.v3i2.315.
Prasetya, Muhammad Anggi, Sudirman Sudirman, and Ketang Wiyono. 2017. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok.†Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika 4(2):163–69.
Sakiah, Nur Afifatus, and Kiki Nia Sania Effendi. 2021. “Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP.†JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika) 7(1):39–48. doi: 10.37058/jp3m.v7i1.2623.
Setia, Meina Oza, Nova Susanti, and Wawan Kurniawan. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Adobe Flash CS 6 Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Dan Penerapannya.†02(02):42–57.
Widjayanti, Wigita Rezky, Titin Masfingatin, and Reza Kusuma Setyansah. 2019. “MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI PADA MATERI STATISTIKA UNTUK SISWA KELAS 7 SMP.†13(1):101–12.
Yamin, Muhammad Richsan, and Karmila Karmila. 2020. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Cartoon Dalam Pembelajaran IPA Pada Materi Lingkungan Kelas III SD.†Biology Teaching and Learning 2(2):159–70. doi: 10.35580/btl.v2i2.12307.
Yuliawati, Lely, Didik Aribowo, and Mustofa Abi Hamid. 2020. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik.†Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro) 5(1):35–42.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.