PENGEMBANGAN LKPD INTERAKTIF PADA MATERI TEKANAN HIDROSTATIS MENGGUNAKAN MEDIA LIVEWORKSHEET
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.6713Keywords:
Pengembangan, LKPD Interaktif, Live Worksheet, Tekanan HidrostatisiAbstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian jenis pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghemat waktu guru dan siswa dalam mengerjakan dan mengirim tugas secara online, menggunakan media pembelajaran Liveworksheet untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan standar kompetisi memahami materi tentang Tekanan Hidrostatis. Tahap-tahap pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri atas 3 tahapan yaitu tahap pembuatan konsep yang meliputi analisis awal, analisis akhir, pengumpulan materi dan pendukung materi; tahap pembuatan produk yang meliputi design dan assembly; tahap uji coba (testing) yang meliputi validasi oleh ahli. Hasil penilitian kelayakan Pengembangan LKPD Interaktif Pada Materi Tekanan Hidrostatis Menggunakan Media Live Worksheet didapatkan hasil rata-rata dari 5 validator sebesar 4,538 dan sudah termasuk pada kategori “Sangat Baik†dengan rata-rata jumlah penilaian yang dilakukan oleh kelima validator didapatkan hasil skor lebih dari 4,21 yang dapat menunjukkan produk yang telah dikembangkan sudah memenuhi aspek yang dinilai yaitu aspek materi, penyajian dan kebahasaan serta layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.
References
Aji, W. N. (2016). Model Pembelajaran Dick and Carrey Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Kajian Linguistik Dan Sastra, 1(2), 119–126. https://doi.org/10.23917/kls.v1i2.3631
Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas VA SD Negeri Nogopuro. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 122–130. http://eprints.uad.ac.id/21216/1/12. Novi Andriyani-PGSD %28122-130%29.pdf
Anggraini, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses Di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 350–365.
Hamidah, N., Haryani, S., & Wardani, S. (2018). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 12(2), 2212 – 2223.
Herman. (2015). Pengembangan LKPD Tekanan Hidrostatik Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika UNM, 11(2), 120–131. https://ojs.unm.ac.id/index.php/JSdPF/article/download/1478/557.
Hobri, H. (2010). Metodologi penelitian pengembangan (aplikasi pada penelitian pendidikan matematika). Jember: Pena Salsabila.
Khairani, I. (2016). Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Deviden Per Share terhadap Harga Saham Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011-2013. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 5(1), 566–572.
Mania, S. (2008). Teknik Non Tes: Telaah Atas Fungsi Wawancara Dan Kuesioner Dalam Evaluasi Pendidikan. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(1), 45–54. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n1a4
Murti, A. A. W. (2017). Pengembangan Media Berbentuk Game Interaktif Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi BELAJAR Siswa Dalam Pelajaran Akuntansi Kelas X SMK N 1 Godean Tahun Ajaran 2016 /2017. Universitas Sanata Dharma.
Ongga, P., Sanwaty, Y., Rondonuwu, F. S., & Kristiyanto, W. H. (2009). Konsepsi mahasiswa tentang tekanan hidrostatis. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, Dan Penerapan MIPA, 181–185.
Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA press.
Prianoto, A. D., Gulo, F., & Effendi. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Kimia Untuk Pembelajaran Struktur Atom Di Kelas X Sma. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 4(2), 88–96.
Putri, F. E. (2016). Pengembangan LKS berbasis Predict-Observe-Explain (POE) pada Materi Fluida Statis di SMA. In Jurnal Pendidikan Fisika. Universitas Lampung.
Samsudin, A., Nurliani, R., Kaniawati, I., & Suhandi, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis PDEODE*ETasks pada Konsep Tekanan Hidrostatis Achmad. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 4(1), 113–119.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Wati, Y. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Pada Materi Tekanan Pada Zat Cair. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 105–112.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.