PENGARUH MODEL PEMBELEJARAN DISCOVERI LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.6856Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa materi getaran dan gelombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Pengambilan sampel secara random yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII A (Kelas Eksperimen) dan Kelas VIII B (Kelas Kontrol) berjumblah 30 orang untuk masing-masing kelas, desain penelitian yang digunakan dimana peneliti menentukan pengambilan secara random sampel penelitian yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Kelas eksperimen menggunakan metode eksperimen, kelas kontrol menggunakan metode ceramah. hipotesis dalam penelitian ini berdasarkan uji hipotesisi menggunakan uji t dua sampel independen, diperoleh nilai thitung 17, 93 dan nilai ttabel 2,001 dengan taraf signifikan 5%. Nilai thtiung dan ttabel memberikan Proporsi menjadi nilai  dimana kriteria yang digunakan , sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran descovery learning dapat menigkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci:Discoveri Learning, Saintifik, Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa materi getaran dan gelombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Pengambilan sampel secara random yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII A (Kelas Eksperimen) dan Kelas VIII B (Kelas Kontrol) berjumblah 30 orang untuk masing-masing kelas, desain penelitian yang digunakan dimana peneliti menentukan pengambilan secara random sampel penelitian yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Kelas eksperimen menggunakan metode eksperimen, kelas kontrol menggunakan metode ceramah. hipotesis dalam penelitian ini berdasarkan uji hipotesisi menggunakan uji t dua sampel independen, diperoleh nilai thitung 17, 93 dan nilai ttabel 2,001 dengan taraf signifikan 5%. Nilai thtiung dan ttabel memberikan Proporsi menjadi nilai  dimana kriteria yang digunakan , sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran descovery learning dapat menigkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci :Discoveri Learning, Saintifik, Hasil Belajar
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.
Anugraheni, I (2017). Penggunaan protofolio dalam perkuliahan penilaian permbelajaran. Jurnal Pendidikan dasar Perkhasa. 3(1) 246-258
Hosnan, M., (2014), Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013, Ghalia Indonesia, Bogor
Indahsari, A. (2015) pemanfaatan alat permainan edukatif ular tangga dalam penerapan pembelajaran yematik di kelas III SD. Jurnal Pendidikan, 16(2), 127-137
Kristin, F. & Rahayu, D. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran discoveri learning terhadap hasil belajar IPSpada siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan & kebudayaan, 6(1), 84-92
Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discoveri learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2(1), 90-98
Maharani, Y.B & Hardini, I. T. A. (2017). Penerapan model pembelajaran discoveri learning berbantuan benda konkret untuk meningkatkan hasil belajat IPA. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(5), 249-5461
Mawardi, H. (2014). Penerapan pembelajaran tematik untuk meningkatkan aktivitas belajar kelas I SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(7) 1-9
Majid, A. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Putrayasa, I Made (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa, Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidkan Ghanesa/Vol.2No.1
Roestiyah, N.K. (2008). Strategi BelajarMengajar. Rineka Cipta: Jakarta.
Riyani, Y. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Jurnal EKSOS, 8, 19-25
Rosdiana, R., Boleng, D. T., & Susilo, S. (2017). Pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap efektivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1060-1064.
Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Susanti, E. (2016). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan sains dan hasil belajar siswa kelas viii tentangg IPA SMP Advent Palu. JSTT, 5(3).
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana.(2005). Metoda Stastika. Bandung: Tarsito.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.