PENGARUH MODEL PEMBELEJARAN DISCOVERI LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Wirta Alben Universitas Negeri Gorontalo
  • Muhammad Yusuf Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.6856

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa materi getaran dan gelombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Pengambilan sampel secara random yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII A (Kelas Eksperimen) dan Kelas VIII B (Kelas Kontrol) berjumblah 30 orang untuk masing-masing kelas, desain penelitian yang digunakan dimana peneliti menentukan pengambilan secara random sampel penelitian yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Kelas eksperimen menggunakan metode eksperimen, kelas kontrol menggunakan metode ceramah. hipotesis dalam penelitian ini berdasarkan uji hipotesisi menggunakan uji t  dua sampel independen, diperoleh nilai thitung 17, 93 dan nilai ttabel 2,001 dengan taraf signifikan 5%. Nilai thtiung dan ttabel memberikan  Proporsi menjadi nilai   dimana kriteria yang digunakan , sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran descovery learning dapat menigkatkan hasil belajar siswa.


Kata Kunci:Discoveri Learning, Saintifik, Hasil Belajar

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa materi getaran dan gelombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Pengambilan sampel secara random yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII A (Kelas Eksperimen) dan Kelas VIII B (Kelas Kontrol) berjumblah 30 orang untuk masing-masing kelas, desain penelitian yang digunakan dimana peneliti menentukan pengambilan secara random sampel penelitian yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Kelas eksperimen menggunakan metode eksperimen, kelas kontrol menggunakan metode ceramah. hipotesis dalam penelitian ini berdasarkan uji hipotesisi menggunakan uji t  dua sampel independen, diperoleh nilai thitung 17, 93 dan nilai ttabel 2,001 dengan taraf signifikan 5%. Nilai thtiung dan ttabel memberikan  Proporsi menjadi nilai   dimana kriteria yang digunakan , sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran descovery learning dapat menigkatkan hasil belajar siswa.


Kata Kunci :Discoveri Learning, Saintifik, Hasil Belajar

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.

Anugraheni, I (2017). Penggunaan protofolio dalam perkuliahan penilaian permbelajaran. Jurnal Pendidikan dasar Perkhasa. 3(1) 246-258

Hosnan, M., (2014), Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013, Ghalia Indonesia, Bogor

Indahsari, A. (2015) pemanfaatan alat permainan edukatif ular tangga dalam penerapan pembelajaran yematik di kelas III SD. Jurnal Pendidikan, 16(2), 127-137

Kristin, F. & Rahayu, D. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran discoveri learning terhadap hasil belajar IPSpada siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan & kebudayaan, 6(1), 84-92

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discoveri learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2(1), 90-98

Maharani, Y.B & Hardini, I. T. A. (2017). Penerapan model pembelajaran discoveri learning berbantuan benda konkret untuk meningkatkan hasil belajat IPA. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(5), 249-5461

Mawardi, H. (2014). Penerapan pembelajaran tematik untuk meningkatkan aktivitas belajar kelas I SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(7) 1-9

Majid, A. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Putrayasa, I Made (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa, Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidkan Ghanesa/Vol.2No.1

Roestiyah, N.K. (2008). Strategi BelajarMengajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Riyani, Y. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Jurnal EKSOS, 8, 19-25

Rosdiana, R., Boleng, D. T., & Susilo, S. (2017). Pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap efektivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1060-1064.

Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Susanti, E. (2016). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan sains dan hasil belajar siswa kelas viii tentangg IPA SMP Advent Palu. JSTT, 5(3).

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana.(2005). Metoda Stastika. Bandung: Tarsito.

Downloads

Published

10-01-2022

How to Cite

Alben, W., & Yusuf, M. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELEJARAN DISCOVERI LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.6856