PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA TOPIK BESARAN DAN SATUAN DALAM PERSPEKTIF KOOPERATIF LEARNING

Authors

  • Sukarno Sukarno Science Education Department, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.7062

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sosial terhadap penguasaan konsep dan keterampilan proses sains pada topik besaran dan satuan dalam perspektif pembelajaran cooperative learning. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan model kuasi esperimen tipe one group pretest and postest design. Dengan demikian penelitian ini melibatkan satu kelas dengan jumlah peserta didik 28 orang. Analisis data dilakukan dengan korelasi produk moment antar variable dan di lanjutnkan dengan uji F dan uji T. Dalam penelitian ini uji korelasi tersebut dilakukan dengan bantuan SPSS 24. Berdasarkan data dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi social terhadap penguasaan konsep pada topic Besaran dan Satuan dengan tingkat korelasi 0,389 (signifikan) dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi social terhadap keterampilan proses sains pada topic Besaran dan Satuan dalam perpesktif cooperative learning dengan tingkat korelasi 0,393 (signifikan) dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Dengan demikian disarankan bahwa dalam rangka meningkatkan penguasaan konsep dan peningkatan keterampilan proses sains siswa pada topic ini, pelaksanaan pembelajaran dapat dilakukan dengan model cooperative learning.

References

Awang, I. S. (2015). Kesulitan belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Vox Edukasi, 6(2), 108–122.

Israil, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2), 117. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1807

Liliasari. (2011). Membangun Masyarakat Melek Sains Berkarakter Bangsa Melalui Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional FMIPA UNNES.

Manullang, R. A. (2015). Pengaruh Kecerdasan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 15(3), 19–22. Retrieved from http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/146/141

Ningtyas, E., & Wuryani, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Make-a Match Berbantuan Media Komik Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1), 66–74.

Nurshita, E. (2018). Keterampilan proses sains (kps) siswa melalui model pembelajaran. 34.

Oktavia, D. (2021). Pengembangan Assessmen Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Di Smp Se-Kota Bengkulu. 4(1), 6.

Oviana, W. (2015). Pemahaman Hakekat Sains dan Aplikasinya dalam Proses Pembelajaran Sains. Journal of Chemical Information and Modeling, 485–490.

Rahmawati, A., & Nartani, C. I. (2018). Kompetensi Sosial Guru Dalam B Erkomunikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd Negeri Rejowinangun 3 Kotagede Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(3), 388–392.

Rini, Y. S. (2005). PENDIDIKAN: HAKEKAT, TUJUAN, DAN PROSES.

Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.108

Sawitri, D. (2018). PENILAIAN HASIL BELAJAR Modul pkt. 08. 0–31.

Setiawan, F., & Jayanti, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dan Kerjasama Peserta Didik Melalui Metode Team Game Tournament Berbantuan Domino Aljabar Pada Materi Operasi Aljabar Kelas 7D SMP Negeri 5 Smearang. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 444–451. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Sukarno, S. (2014). Profil Pembelajaran Sains Berbasis Kelass Sebagai Upaya Mengembangkan Kps Dan Meningkatkan Pks Siswa (Studi Kasus Di Smpn 1 Kota Jambi). Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v19i2.463

Sunarno, W. (2018). Makalah Utama Peran Pendidik dan Ilmuwan Sains dalam Menyongsong Revolusi ISSN : 2527-6670 Pembelajaran IPA di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika IV.

Widarto. (n.d.). Metode Belajar Cooperative Learning sebagai Penunjang Kompetensi Kepribadian dan Sosial Mahasiswa LPTK. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, 1–12.

Zakiah, L. (2020). Hubungan Kecerdasan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar LINDA ZAKIAH Manusia Indonesia yang cerdas oleh pendidikan yang yang yang bermutu memenuhi kompetensi dihasilkan Pendidikan pendidikan delapan standar nasional pendidikan , standar. Jurnal Parameter, 32(1), 30–52.

Downloads

Published

14-01-2022

How to Cite

Sukarno, S. (2022). PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA TOPIK BESARAN DAN SATUAN DALAM PERSPEKTIF KOOPERATIF LEARNING. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 11–16. https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.7062