PENERAPAN LABORATORIUM VIRTUAL PHET MATERI ELASTISITAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Firdaus Muji Andika Prasetya Univ PGRI Palembang
  • Lukman Hakim
  • Lefudin Lefudin

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.7098

Keywords:

Lab Virtual, PhET, Elastisitas, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan Laboratorium Virtual PhET pada materi Elastisitas. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Eksperimen dengan desain penelitian pretest –posttest one group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 32 siswa dalam satu kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes essai sebanyak 7 soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan paired sample test. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest siswa 50,3 dan nilai rata-rata postest siswa 79,8. Hasil uji paired sample t-test mendapat nilai signifikan 2-tailed sebesar 0,000. Maka h0 ditolak dan ha diterima karena nilai sig 2-failed lebih kecil daripada 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Laboratorium Virtual PhET pada materi elastisitas dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Abdi, M. U., Mustafa, & Pada, A. U. T. (2021). Penerapan Pendekatan STEM Berbasis Simulasi PhET Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Pendahuluan. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 5(3), 209–218. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i3.21774

Alifiyanti, I. F., & Ishafit. (2018). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET Simulation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan teori kinetik gas di MAN 3 Ngawi. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25, 392–400. http://seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/289

Anggraeni, W., Wahyono, U., & Darsikin. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Lab Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII Smpn 3 Palu. Media Eksakta 16, 16(1), 16–21.

Asnita, W. (2021). Penggunaan Media Virtual Laboratory. Guru Dikmen Dan Diksus, 4(2), 256–270.

Astiti, K. A., & Yusuf, Y. H. M. (2018). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Fisika : Fisika Sains Dan Aplikasinya, 3(3), 185–192. https://doi.org/10.35508/fisa.v3i3.625

Damayanti, N. K. A., Maryam, S., & Subagia, I. W. (2019). Analisis Pelaksanaan Praktikum Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(2), 52. https://doi.org/10.23887/jjpk.v3i2.21141

Ekawati, F. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smpit. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2), 1–22. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5006

Hafsyah, S. N., & Prihandono, T. (2012). Penerapan Model Inkuiri Terstruktur dengan Media Virtual-Lab Pada Pembelajaran Fisika Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 158–164.

Hapsari, A. S., Rohim, I. R. F., & Zahrah, Q. F. (2021). Meta Analisis Efektivitas Pembelajaran Fisika Secara Daring Menggunakan Virtual Laboratorium. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3), 155–163. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i3.1190

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 25–26. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952

Hidayat, R., Hakim, L., & Lia, L. (2019). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 97. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.5900

Hidayatullah, Z., Makhrus, M., & Gunada, I. W. (2018). Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Volume 4 No.2, Desember 2018. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(2), 151–157.

Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(2), 186. https://doi.org/10.30870/educhemia.v2i2.1608

Kholiq, A. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Penggunaan Virtual Lab Pada Pembelajaran Fisika Masa Pandemi Materi Optik Di Kelas Xi Mipa 1 Sma Negeri 1 Puri (Best Practice). Discovery Vol., 6(2), 126–133.

Maryam, E., & Nana. (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA : Literature Review. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 8(1), 87–92.

Masril, M., Hidayati, H., & Darvina, Y. (2018). Penerapan Discovery Learning Berbantuan Virtual Laboratory Untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa Sma. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.160

Nosela, S., Siahaan, P., & Suryana, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Level of Inquiry Dengan Virtual Lab Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Sma Pada Materi Fluida Statis. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(2), 100–109. https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i2.11018

Putri, A. C. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Untuk Meningkatkan Adversity Quotient Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 4, SNF2015--II.

Rahma, A. A. (2020). Efektivitas Penggunaan Virtual Lab Phet Sebagai Media Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Pedagogy, 8(2), 47–51.

Rahman, A., & Ahmar, A. S. (2017). Relationship between learning styles and learning achievement in mathematics based on genders. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(1), 74–77. https://doi.org/10.26858/wtetev15i1y2017p7477

Rais, A. A., Hakim, L., & Sulistiawati, S. (2020). Pemahaman Konsep Siswa melalui Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET. Physics Education Research Journal, 2(1), 1. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.1.5074

Sanjaya, W. (2016). Pendidikan, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Prenadamedia Grup.

Sari, L. P., & Siregar, D. A. (2021). Penerapan Model Guide Inquiry dalam Meningkatkan Minat Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIA Di Desa Siamporik Dolok. Jurnal Education and Development Institut, 9(2), 314–316.

Yulia, I., Connie, C., & Risdianto, E. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Berbantuan Simulasi Phet untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gelombang Cahaya di Kelas XI MIPA SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 64–70. https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.64-70

Downloads

Published

29-01-2022

How to Cite

Prasetya, F. M. A., Hakim, L., & Lefudin, L. (2022). PENERAPAN LABORATORIUM VIRTUAL PHET MATERI ELASTISITAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 38–44. https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.7098