Pengaruh Model Pembelajaran POE Berbantuan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.7203

Keywords:

model pembelajaran POE, alat peraga, pemahaman konsep

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran POE terhadap pemahaman konsep fisika siswa di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan the matching only post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Rambang Dangku. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa yang diambil dengan teknik sampling purposive. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk data pemahaman konsep. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen  sedangkan pada kelas kontrol . Uji hipotesis menggunakan uji statistik uji-t (uji pihak kanan), dari perhitungan didapat thitung > ttabel yaitu 2,63 > 1,67 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran POE berbantuan alat peraga terhadap pemahaman konsep fisika siswa di SMA.

References

Alatas, F. (2014). "Hubungan Pemahaman Konsep dengan Keterampilan Berfikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Treffinger pada Mata Kuliah Fisika Dasar". Edusains .

Amal, A, et al. (2013). "Pengembangan Model Pembelajaran Predict, Observe, Dicuss, dan Explain (PODE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar Negeri Kompleks Ikip Makasar". Journal Of Primary Educational .

Arianti, B. I, et al. (2016). "Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Visual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa". Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi .

Hamdani, D, et al. (2012). "Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu". Jurnal Exacta .

Ibrahim. (2017). “ Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) Dengan Cooperatif (Make- A Match) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora.

Juniarti, E B., et al. (2015). “Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 22 Mataram Tahun 2014/2015. Jurnal Pendidikan dan Teknologi

Kulsum, U., dan Nugroho. (2014). “ Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembahasan Konsep dan Komunikasi Ilmiah Siswa Pada Pelajaran Fisika. Jurnal Unness Physic Education Journal.

Lia, L. (2015). “Multimedia Interaktif Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Dalam Bidang Pendidikan Sainsâ€. Jurnal Inovati dan Pembelajaran Fisika.

Lia, L. (2018). Kemampuan mahasiswa dalam membuat alat peraga fisika melalui pembelajaran berbasis proyek. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(2), 222–234.

Pranata, E. (2016). "Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika". Jurnal Pendidikan Matematika Iindonesia .

Priyambodo, T. K, dan Jati, B.M.K. (2009). Fisika Dasar. Yogyakarta: C.V Andi.

Puspitasari, Rahayu., et al. (2015). "Pengaruh Model Pembelajaran POE (Prediction,Observation, And Explanation) Disertai Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Kerja Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA-Fisika di SMP". Jurnal Pendidikan Fisika .

Rahayu, S., et al. (2013). "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model POE Berbantuan Media I am Scientist". Innovative Journal Of Curriculum and Education Technology .

Restami, M., et al. (2013). "Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa". e-juornal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

Rosdianto, Haris. (2017). “Implementasi Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hukum Newtonâ€. Jurnal pendidikan Fisika.

Sagala, Saiful. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. (2014). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, N. (2014). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana. (2013). Metoda Statistika. Bandung:Tarsito.

Suwardi, et al. (2014). "Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini". Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora .

Tanzila, R., et al. (2016). "Model Pembelajaran POE (Prediction. Observation, And Explanation) Disertai Tenik Concept Mapping Pada Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Jenggawah".Jurnal Pendidikan Fisika.

Witanecahaya, S. Z. (2014). "Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inqiry) untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa Kelas X SMAN 2 Ponorogo pada Pokok Bahasan Perpindahan Panas". Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF)

Yulaelawati, E. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Jaya.

Yuliani, N., et al. (2017). "Pengaruh Model POE (Prediction, Observation, and Explanation) Dalam Pembelajaran Fluida Statis di SMA". Seminar Nasional Pendidikan Fisika.

Downloads

Published

29-01-2022

How to Cite

Herwinda, B. P., Lubis, P., & Lia, L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran POE Berbantuan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 45–50. https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.7203