ANALISIS MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN INSTRUMEN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI TEKANAN DAN TEKANAN HIDROSTATIS DI KELAS IX SMPN 1 CIKANDE

Authors

  • Asep Saefullah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Nur Hafidah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Nur Hafidah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rania Yuniati Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Yulianah Yulianah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rindi Rindi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Wiwin Rohmawati Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31851/luminous.v4i2.9785

Keywords:

Miskonsepsi, tekanan zat dan tekanan hidrostatis, four tier test, dan diagnostik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan miskonsepsi siswa pada materi tekanan melalui tes diagnostik empat tahap (Four tier diagnostic test). Konsep tekanan ini terdiri dari konsep: tekanan zat dan tekanan hidrostatis. Four tier tes merupakan sebuah alat penilaian untuk mendiagnosis konsepsi siswa, siswa memberikan respon yang tepat untuk setiap pertanyaannya dengan memahami alasan dari pilihan jawabannya. Four tier test memiliki kekhususan empat tingkat, pada tingkat pertama merupakan pertanyaan pengetahuan pilihan ganda yang diujikan, tingkat kedua berisi pertanyaan terkait keyakinan atas jawaban yang dipilih, kemudian tingkat ketiga adalah penyajian alasan pemilihan jawaban pada tingkat pertama, serta tingkat terakhir adalah pertanyaan tentang keyakinan alasan jawaban pada tingkat ketiga. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif (3D + 1I) dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes diagnostik tertulis berupa instrument tes soal bertingkat empat (four tier test) melalui kuisoner. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada 28 responden peserta didik kelas 9 di SMPN 1 Cikande didapatkan yaitu kemampuan peserta didik dalam menjawab soal tersebut hanya 51,1%, hal ini menunjukan masih adanya miskonsepsi pada siswa untuk beberapa materi pada Tekanan zat dalam kehidupan sehari-hari.

References

Effendy, & Sania, K. N. 2014. ‘Penguasaan Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Miskonsepsi.. Bandung

Dwi, I.V., Rahayu,Y.S. & Erman. 2013. ‘Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Fotosintesis’. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa, 1 (2), 21-29.

Fariyani, Qisthi, dan Ani Rusilowati. 2015. 4 JISE PENGEMBANGAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGUNGKAP MISKONSEPSI FISIKA SISWA SMA KELAS X. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise.

Ismail, Ismiara Indah, Achmad Samsudin, Endi Suhendi, dan Ida Kaniawati Abstrak. Diagnostik Miskonsepsi Melalui Listrik Dinamis Four Tier Test.

Leong, Sarisavinarinawatie Shahrani Muhammad, J. S.H.Q. Perera, dan Masitah Shahrill. 2015. “Identifying the Gaps in Students’ Understanding of Manometer Reading.†Mediterranean Journal of Social Sciences 6(4S1): 27–34.

Maulini, Septi, Yudi Kurniawan, dan Riski Muliyani. 2016. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika Volum 1 Nomor 2.

Putri, Rachmania Erika, dan Hasan Subekti. 2021. “PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS ANALISIS MISKONSEPSI MENGGUNAKAN METODE FOUR-TIER CERTAINTY OF RESPONSE INDEX: STUDI EKSPLORASI DI SMP NEGERI 60 SURABAYA.†https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index.

Samudra, Gede Bandem, Wayan Suastra, dan Ketut Suma. 2014. 4 Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Siswa SMA Di Kota Singaraja Dalam Mempelajari Fisika.

Santoso, P. B. 2019. ‘Efektivitas Penggunaan Media Penilaian Google Form Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Tik’.

Saputri, L. A., Muldayanti, N. D., & Setiadi, A. E. 2016. ‘Analisis Miskonsepsi Siswa dengan Certainity Response Index (CRI) pada Submateri Sistem Saraf di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Selimbau’. Jurnal Biologi Education, 3 (2), 53- 62.

Setiawati, G. A. D., Arjaya, I. B. A., & Ekayanti, N. W. 2014. ‘Identifikasi Miskonsepsi dalam Materi Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan pada siswa Kelas IX SMP di Kota Denpasar’. Jurnal Bakti Saraswati, 3 (2), 17-31.

Tes Ani Rusilowati, Pengembangan, dan Ani Rusilowati. 2015. “Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-6.â€

Downloads

Published

31-07-2023

How to Cite

Saefullah, A., Hafidah, S. N., Hafidah, S. N., Yuniati, R., Yulianah, Y., Rindi, R., & Rohmawati, W. (2023). ANALISIS MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN INSTRUMEN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI TEKANAN DAN TEKANAN HIDROSTATIS DI KELAS IX SMPN 1 CIKANDE. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 94–102. https://doi.org/10.31851/luminous.v4i2.9785

Issue

Section

Articles