Analisis Implementasi SAK Pada Penyusunan Laporan Keuangan Pada UMKM Di Kelurahan Pasir Putih Pada Daerah Pangkalpinang

Authors

  • Hendarti Tri Setyo Mulyani

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmediasi.v5i2.11351

Abstract

ABSTRACT

 

SAK EMKM is one of the simple standards issued by the Indonesian Association of Accountants and is considered easier to understand for MSME actors. It is hoped that the issuance of SAK EMKM can further encourage MSMEs in expanding access to capital or financing, from industries such as banking, which will become the basic basis for preparing, and developing, accounting guidelines that will be used for MSMEs in Indonesia. The financial reports made by MSMEs in the Pasir Putih sub-district are only limited to reports of transaction records that they make every day before their business closes during operating hours. The remainder of the transaction between income and expenses is considered a profit or income. They do not record specific transactions such as raw materials for production materials, payments for electricity used, and other equipment needs. This has finally become one of the reasons for me as a researcher to be able to find out the main reasons for MSME actors not to make a financial information report that is in accordance with established standards. This research is a form or type of research that is descriptive qualitative type research. The subject of the current research will be carried out at 5 MSMEs located in Pasir Putih Village, Pangkalpinang, Bangka Belitung Islands Province. The objects in this study were several reports of financial information on the five MSMEs spread across the Pasir Putih Village which the researchers would later analyze.

 

Keywords: SAK, Financial Statements, UMKM     ABSTRAK

 

SAK EMKM merupakan salah satu dari standar yang sederhana yang dikeluarkan oleh lembaga Ikatan Akuntan Indonesia dan dirasa lebih mudah untuk dipahami bagi para pelaku UMKM. Terbitnya SAK EMKM diharapkan lebih dapat mendorong UMKM dalam memperluas akses pemodalan atau pembiayaan, dari industri seperti perbankan akan menjadi landasan dasar atas penyusunan, dan dasar pengembangan, pedoman akuntansi yang akan digunakan bagi UMKM di Indonesia. Laporan keuangan yang dibuat para UMKM yang berada di kelurahan Pasir Putih hanya sebatas laporan catatan transaksi yang mereka buat setiap hari sebelum usaha mereka tutup jam operasional. Sisa transaksi antara pemasukan dan pengeluaran dianggaplah sebagai keuntungan atau pendapatan. Mereka tidak mencatat transaksi secara spesifik seperti bahan baku untuk bahan produksi, pembayaran listrik yang digunakan, serta kebutuhan perlengkapan lainnya. Hal inilah yang akhirnya menjadi salah satu dari beberapa  alasan saya sebagai peneliti untuk dapat mengetahui alasan utama para pelaku UMKM untuk tidak membuat sebuah laporan informasi keuangan yang sesuai sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. Penelitian ini merupakan bentuk atau jenis penelitian yang berjenis penelitian deskriptif jenis kualitatif. Subjek dari penelitian saat ini akan dilakukan pada 5 UMKM yang berada di Kelurahan Pasir Putih, Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Objek dalam penelitian ini adalah beberapa laporan infomasi keuangan yang ada pada kelima UMKM yang tersebar di Kelurahan Pasir Putih yang nantinya akan dianalisis oleh peneliti.

 

Kata Kunci: Standar akuntansi, Laporan Informasi Keuangan UMKM.

References

Hans Kartikahadi., dkk. (2016). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis SAKBerbasis IFRS Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2015). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan.Jakarta : Ikatan Akuntan Indonesia.

Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). (2018). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No 1: Penyajian Laporan Keuangan . Jakarta: IAI

Neneng Salmiah, Indarti, Inova Fitrie Siregar, (2015). Analisis Penerapan Akuntansi dan Kesesuaiannya Dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Value Added). E Jurnal S1 Vol. 3 ISSN, Universitas Lancang Kuning.

Warsono. (2010). Prinsip-prinsip dan Praktik Keuangan Pribadi. 13.

Data UMKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, https://data-umkm.babelprov.go.id/stat_wilayah

Undang-Undang Tahun 2008. https https://ppid.unud.ac.id/img/admin/page_attc/a16a3dba809cb5346a0cbf2c0073cd6d.pdf

Downloads

Published

2023-04-04