Pengaruh Likuiditas Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020

Authors

  • Deiske Natasha Paisa
  • Nurmala Nurmala
  • Emma Lilianti

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmediasi.v6i2.14949

Abstract

ABSTRACT

 

This research is a quantitative descriptive study that aims to test the hypotheses of the analysis of liquidity, profitability and firm size on stock prices in food and beverage sub-sector manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016-2020. The information used is secondary information, the population in this study is 25 companies that report financial statements of the food and beverage sub-sector listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). In this study, the authors used a sample of 13 companies' financial statements that met the criteria in the study. The sampling technique used is purposive examining. The analysis technique used in this study is multiple linear regression with the help of SPSS 20 programming for windows.The results of the hypothesis test conclude that partially the liquidity variable has no effect on the stock price of 0.469 > 0.05, the profitability variable has no significant effect on the stock price of 0.451 > 0.05, the firm size variable has a significant effect on the stock price of 0.006 < 0.05 and it can be concluded that simultaneously there is an influence between the variables of liquidity, profitability and firm size on stock prices of 0.034 <0.05.

 

Keywords: Liquidity, Profitability, Company Size and Stock Price.

 

ABSTRAK

 

Tinjauan ini merupakan tinjauan kuantitatif yang jelas yang dimaksudkan untuk menguji spekulasi pemeriksaan likuiditas, produktivitas dan ukuran perusahaan terhadap biaya persediaan pada organisasi fabrikasi sub-area makanan dan minuman yang tercatat pada perdagangan saham Indonesia tahun 2016-2020. Informasi yang digunakan adalah informasi tambahan, populasi dalam penelitian ini adalah 25 organisasi yang melaporkan ringkasan anggaran sub area makanan dan minuman yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam studi ini, pembuat menggunakan contoh ringkasan fiskal 13 organisasi yang memenuhi aturan dalam tinjauan. Strategi pengujian yang digunakan adalah purposive inspecting. Prosedur ilmiah yang digunakan dalam penelitian ini adalah kekambuhan langsung yang berbeda dengan bantuan program SPSS 20 for windows.

Konsekuensi dari uji spekulasi menduga bahwa agaknya variabel likuiditas mempengaruhi biaya saham sebesar 0,469 > 0,05, variabel produktivitas mempengaruhi biaya saham sebesar 0,451 > 0,05, variabel ukuran perusahaan secara fundamental mempengaruhi biaya saham sebesar 0,006 < 0,05 dan cenderung disimpulkan bahwa secara keseluruhan terdapat pengaruh antara faktor likuiditas, manfaat dan ukuran perusahaan terhadap biaya saham sebesar 0,034 < 0,05.

 

Kata kunci: Likuditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Harga Saham.

References

Arifin, N. F., & Agustami, S. (2016). “Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas, Rasio Pasar, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Subsektor Perkebunan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014)”. Jurnal riset akuntansi dan keuangan .

Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan . yogyakarta: Buku Seru.

Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi. Jakarta: PT. Grammedia Widiasarana Indonesia.

Kadir. (2019). Prosiding seminar nasional pendidikan matematika II (SNPMAT II ). Kendari: Universitas Halu Oleo press.

Kasmir. (2016). Pengantar manajemen keuangan. jakarta: prenada media.

Octaviani, S., & Komalasari , D. (2017). pengaruh likuiditas, profitabilitas dan solvabilitas terhadap harga saham ( studi kasus pada perusahaan perbankan yang terdaftar dibursa efek indonesia ). Jurnal akuntansi.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Bandung, Alfabeta.

Priyatno, Duwi. (2015). SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Edisi Pertama. Alfabeta Bandung

Ratnasari, R. S. (2016). pengaruh likuiditas, profitabilitas, solvabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap harga saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). bandung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas bandung.

Thian, A. (2020). Analisis laporan keuangan . Yogyakarta: Penerbit Andi.

Downloads

Published

2024-04-06