Pengaruh Biaya Operasional, Biaya Produksi dan Volume Penjualan Terhadap Laba Bersih Penjualan Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmediasi.v6i2.14953Abstract
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the effect of operating costs, production costs, and sales volume on net income from sales in food and beverage manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange. This research method is a quantitative method with associative research type. The variables in this study consisted of independent variables operating costs, production variables and sales volume, while the variable was net income. The population in this study are all financial statements listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) during the 2015-2020 period, while the research sample is 10 manufacturing companies in the food sub-sector and listed on the Indonesia Stock Exchange that meet the criteria. . Methods of collecting data using documentation, data analysis techniques using t test or regression. The results showed that there was no effect of operating costs on net profit sales in food and beverage sub-sector manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange. There is an effect of Production Costs on Net Profit Sales in food and beverage sub-sector manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange. There is an effect of Sales Volume on Net Sales Profit in food and beverage sub-sector manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange. Simultaneously, Operational Costs, Production Costs, and Sales Volumes have a significant effect on Net Profit Sales in food and beverage manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange.
Keywords: Operating Costs, Production Costs, Sales Volume, Net Profit Sales.
ABSTRAK
Motivasi di balik penelitian ini adalah untuk memutuskan dampak dari biaya kerja, biaya produksi dan volume transaksi terhadap keuntungan bersih dari transaksi organisasi fabrikasi sub-area makanan dan minuman yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Teknik pemeriksaan ini merupakan strategi kuantitatif dengan tipe eksplorasi kooperatif. Faktor-faktor dalam penelitian ini terdiri dari faktor bebas biaya kerja, biaya pembuatan dan volume transaksi, sedangkan variabel terikatnya adalah laba bersih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh laporan anggaran yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2015-2020, sedangkan uji eksplorasi adalah 10 organisasi assembling di sub area food and refreshment yang tercatat di Bursa Efek Indonesia yang telah memenuhi aturan. Strategi pengumpulan informasi menggunakan dokumentasi, sedangkan metode pemeriksaan informasi menggunakan uji t atau relaps. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada dampak Biaya Kerja pada Transaksi Manfaat Bersih di organisasi produsen sub-area makanan dan minuman yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Ada dampak Biaya Penciptaan pada Transaksi Manfaat Bersih di organisasi fabrikasi sub-area makanan dan minuman yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Ada pengaruh Volume Transaksi terhadap Manfaat Transaksi Bersih di organisasi produsen sub-area makanan dan minuman yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Pada saat yang sama, Biaya Fungsional, Biaya Pembuatan, dan Volume Transaksi secara fundamental mempengaruhi Transaksi Manfaat Bersih dalam organisasi fabrikasi sub-area makanan dan minuman yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.
Kata kunci: Biaya Operasional, Biaya Produksi, Volume Penjualan, Laba Bersih Penjualan.
References
Alamiah & Padji. 2018. Kamus Istilah Akuntansi. Bandung: Yrama Widya
Ananda, A. (2021). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Operasi, dan Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2019. JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi), Juli 2021, Hal 1-15.
Ardhianto, W.N. 2019. Buku Sakti Pengantar Akuntansi. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Bahri, S., Mariani, W. E., & Muslicha. (2021). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI).
Fitrasani, A. N. (2018). Analisi Pengaruh biaya produksi, biaya operasional, dan volume penjualan terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2013-2016. STIE Yayasan Keluarga Pahlawan Negara Yogyakarta.
Harmanto, (2017), Akuntansi Biaya. BPFE-UGM, Yogyakarta.Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hukum, K. (2021, maret 23). Kriteria UMKM menurut Peraturan Baru. Dipetik januari 28, 2022, dari Kontrak Hukum: Kontrakhukum.com/article/peraturanbaruumkm
Laili, L. F. (2021). Pengaruh Biaya Operasional, Biaya Produksi dan Volume Penjualan terhadap Laba Bersih Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2020. Institute Agama Islam Negeri Tulungagung
Murti, S. (2019). Pengantar Bisnis Dasar-Dasar. Ekonomi Perusahaan. Yogyakarta: Liberty.
Priyatno, D. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: Andi (Anggota IKAPI).
Purwaji, A., Wibowo, & Muslim, S. (2016). Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.
Putri, A. M., & Yuliandhari, S. W. (2020). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Operasional dan Volume Penjualan terhadap Laba Bersih pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Munuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2018. Universitas Telkom
Putri, L. A., & Suzan, L. (2021). Pengaruh Biaya Operasional, Biaya produksi, dan Volume Penjualan terhadap Laba Bersih (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di BEI periode 2015-2019). Universitas Telkom Bandung
Wardiyah, (2017). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Pustaka Setia.
Winarso, W. (2014). Pengaruh Biaya Operasional terhadap Profiabilitas (ROA) . Bandung: PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero), Ecodemica. Vol II, No. 2.
Yusuf, J. (2016). Analisis Kredit untuk Account Officer. Jakarta: Mandiri Abdi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Media Akuntansi (Mediasi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.