Sistem Akuntansi Persediaan Pada CV. Ananda Putra Banyuasin

Authors

  • Muhamad Najib
  • Totok Sudiyanto
  • Santi Puspita

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmediasi.v2i2.4944

Abstract

ABSTRACT

 

CV. Ananda Putra Banyuasin is a manufacturing company located in Banyuasin Regency. This study aims to determine the implementation of the inventory accounting system at CV. Ananda Putra Banyuasin, which can be useful for the company to help improve the existing system. The data obtained is data from the company, namely in the form of company history data, organizational structure, tasks and functions as well as data related to the inventory accounting system, especially procedures for returning warehouse raw materials. The data analysis method in this research is quantitative analysis which analyzes the data, by collecting data related to the inventory accounting system obtained during the research, then comparing and analyzing the data obtained to conclude with existing theories. The results of this study show that in the procedure for returning inventory to the warehouse at CV. Ananda Putra Banyuasin, there is no written evidence in the form of documents or letters to return raw material supplies to the warehouse, so there is often a difference between the warehouse inventory records and the inventory records owned by the warehouse. Supply Card Section. So a good system and procedure for companies uses written evidence, so there is no discrepancy in the raw material inventory records.

 

Keywords: Inventory Accounting System

 

ABSTRAK

 

   CV. Ananda Putra Banyuasin merupakan perusahaan manufaktur yang berlokasi di Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem akuntansi persediaan pada CV. Ananda Putra Banyuasin, yang dapat bermanfaat bagi perusahaan untuk membantu memperbaiki sistem yang ada. Data yang di peroleh merupakan data dari perusahaan yaitu berupa data sejarah perusahaan, struktur organisasi, tugas dan fungsi serta data yang berhubungan dengan sistem akuntansi persediaan khususnya prosedur pengembalian persediaan bahan baku gudang. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif yang menganalisa data, dengan cara mengumpulkan data yang berkaitan dengan sistem akuntansi persediaan yang diperoleh saat penelitian, kemudian membandingkan serta menganalisa data yang diperoleh tersebut untuk disimpulkan dengan teori yang ada. Adapun hasil penelitian ini bahwa dalam prosedur pengembalian persediaan ke gudang pada CV. Ananda Putra Banyuasin, tidak ada bukti tertulis berupa dokumen atau surat pengembalian persediaan bahan baku ke gudang, sehingga sering terjadi selisih antara catatan persediaan Bagian Gudang dengan catatan persediaan yang dimiliki oleh Bagian Kartu Persediaan. Maka sistem dan prosedur yang baik untuk perusahaan menggunakan bukti tertulis, sehingga tidak terjadi selisih catatan persediaan bahan baku.

 

Kata Kunci : Sistem Akuntansi Persediaan

References

Hasan M. Iqbal.2002.Materi Statistik I. Edisi Kedua.PT.Bumi Aksara : Jakarta

Indrianto, Nur.2002.Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta

Krismiaji. 2010. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi 2. Penerbit Akademi ManajemenPerusahaan YKPN : Yogyakarta

Mulyadi. 2010. Sistem Akuntansi. Penerbit Erlangga : Jakarta

Oktariansyah. 2018. Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Barang Dagang Pada CV. Biji Kopi Makmur Indralaya. Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol 16 No. 1 April 2019, Hal: 65-80.

Rudianto. 2009. Pengantar Akuntansi. Penerbit Erlangga : Jakarta

Soemarso S.R. 2004. Akuntansi Suatu Pengantar. Penerbit Salemba Empat : Jakarta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta : Bandung.

Widjajanto, Nugroho. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Penerbit Erlangga : Jakarta

Winarno, Wahyu Wing. 2006. Sistem Informasi Akuntansi. Penerbit STIM YKPN : Yogyakarta

Yanti, Fitri. 2011. Sistem Pencatatan Persediaan pada Mini Market Jaya Indah. Universitas PGRI Palembang. Skripsi

Downloads

Published

2020-03-01