Pengaruh Likuiditas, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)

Authors

  • Nely Lestari
  • Yasir Arafat
  • Reva Maria Valianti

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmediasi.v3i1.5220

Abstract

ABSTRACT

 

Research aims to determine the impact of liquidity, leverage, and profitability on tax aggressiveness. The object in this research is a mining company listed on the Indonesia Stock Exchange period 2014-2018.This type of research is quantitative. The population of this research is a mining company listed on the Indonesia Stock Exchange period 2014-2018 consisting of 47 mining companies. Research samples consist of 11 companies. Sampling techniques with purposive sampling techniques. The data used is the secondary data of annual reports of mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange. Hypothesis testing in this study uses multiple linear regression analysis methods with SPSS program.The results of this research show that liquidity and leverage have no effect on tax aggressiveness. Profitability has significant effect on tax aggressiveness. The value of coefficient of determination or influence of independent variables in this study of the tax aggressiveness amounted to 26.1%. The remainder is 73.9% capable of being predicted by other variables not examined in this study.

 

Keywords : liquidity, Leverage, profitability of tax aggressiveness

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, leverage, dan profitabilitas terhadap agresivitas pajak. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018.Jenispenelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaanpertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018 terdiri dari 47 perusahaan pertambangan. Sampel penelitian terdiri dari 11 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Data yang digunakan berupa data sekunder laporan tahunan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan program SPSS.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa likuiditas dan leverage tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Nilai koefisien determinasi atau pengaruh variabel independen dalam penelitian ini terhadap agresivitas pajak sebesar 26,1%. Sisanya yaitu sebesar 73,9% mampu diprediksi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Likuiditas, Leverage, Profitabilitas Agresivitas Pajak

References

Agoes, Sukrisno. 2014. Akuntansi Perpajakan, Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, Irham. 2015. Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung: Alfabeta.

Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 1. Cetakan ke-6. Jakarta: Rajawali Pers.

Purwono Herry.2015.Dasar-Dasar Perpajakan dan Akuntansi Pajak.Jakarta: Erlangga

Resmi, Siti. 2019. Perpajakan Teori dan Kasus. Edisi 11 Buku 1. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Sartono, Agus. 2015. Manajemen Keuangan Teori dan aplikasi. Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi.Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-09-01