Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Perkebunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Muhammad Ridho Fitrianda Pratama
  • Yasir Arafat
  • Mursalin Mursalin

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmediasi.v3i2.5493

Abstract

ABSTRACT

 

The purpose of this study is to determine the effect of business risk, non-debt tax shield, profitability on the capital structure of plantation companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the period 2011-2016. Data The financial statements used are financial reports that have been published in the Indonesian Capital Market Directory (ICMD). The population in this study were all plantation companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2011-2016 totaling 16 companies. In this study the authors used a sample of 10 plantation companies selected by purposive sampling. The data collection method uses literature study and documentation. The analysis technique used in this research is multiple linear regression with the help of SPSS 22.0 for windows software. The results showed that 1) Taken together, business risk, non-debt tax shield and profitability have a significant effect on capital structure. 2) Partially the independent variables (business risk, non-debt tax shield and profitability) have no significant effect on the capital structure of plantation companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2011-2016 period.

 

Keywords: Business Risk, Non-Debt Tax Shield, Profitability and Capital Structure.

 

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh risiko bisnis, non-debt tax shield, profitabilitas terhadap struktur modal pada perusahaan perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2011-2016. Data Laporan keuangan yang digunakan adalah laporan keuangan yang telah dipublikasikan di dalam Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2016 berjumlah 16 perusahaan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan sampel sebanyak 10 perusahaan perkebunan yang dipilih secara purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Secara bersama-sama risiko bisnis, non-debt tax shield dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. 2) Secara parsial  variabel independen (risiko bisnis, non-debt tax shield dan profitabilitas) tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal pada perusahaan perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2016.

 

Kata Kunci : Risiko Bisnis, Non-Debt Tax Shield, profitabilitas dan Struktur Modal.

References

Brigham F Eugene & Houston F Joel. 2006. Fundamental of Financial Management, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 10 Jakarta :Salemba Empat.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Mardinawati. 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Semarang.

Priyatno, Duwi. 2014. SPSS 22 Pengolahan Data Terperaktis. Andi : Yogyakarta.

Sartono, Agus. 1998. Manajemen Keuangan : Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Suad Husnan dan Enny Pudjiastuti. 2012. Dasar-dasar Manajermen Keuangan. Edisi Keenam. UPP STIM YKPN.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan ke 18. Alfabeta : Bandung.

Sujarweni, Wiratna. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Penerbit Pustaka Baru Perss : Yogyakarta.

Sumani dan Lia Rachmawati. 2012. Analisis Struktur Modal Dan Beberapa Faktor Yang Mempengaruhinya Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMAS Vol. 6, No. 1, November 2012.

Weston, J Fred dan Brigham E.F. 2006. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Terjemahan A.Q Khalid. Jakarta :Erlangga.

Weston, J. Fred dan Thomas E. Copeland. 1996. Financial Management. Edisi 8. Jakarta :Erlangga.

http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/06/teori-struktur-modal.html?m=1.

Downloads

Published

2021-04-01