Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Sub Sektor Tekstil dan Garment Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Muhammad Wirandi Saputra
  • Yasir Arafat
  • Nurmala Nurmala

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmediasi.v4i1.7265

Abstract

ABSTRACT

 

This study aims to analyze market reactions to dividend announcements on the Indonesia Stock Exchange. The population in this study are companies that consistently announce dividends in the 2017-2019 period. The method used in determining the sample is the Literature Study and Documentation method so that as many as 29 issuers are obtained. Tests in this study using analytical techniques used to test significant levels of abnormal return are simple linear regression testing and t-test. The results obtained in this study are that the market reacts fluctuatively during the dividend announcement period (days t-7 to days t + 7) with abnormal fluctuations marked. These results can be interpreted that the announcement of a dividend has no  effect on market reaction on the Indonesia Stock Exchange.

 

Keywords: Abnormal Return, Dividend Announcement

 

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini betujuan untuk menganalisis reaksi pasar terhadap pengumuman dividen di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang konsisten mengumumkan dividen pada periode 2017-2019. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel adalah metode Studi Pustaka dan diperoleh sebanyak 29 emiten. Pengujian dalam  penelitian ini menggunakan teknik analisis yang digunakan untuk menguji tingkat signifikan abnormal return adalah pengujian regresi linier sederhana dan t-test. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pasar bereaksi secara berfluktuatif pada saat periode peristiwa pengumuman dividen (hari t-7 sampai dengan hari t+7) dengan ditandainya fluktuatifnya abnormal return. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa pengumuman dividen tidak berpengaruh signifikan terhadap reaksi pasar di Bursa Efek Indonesia.

 

Kata Kunci : Abnormal Return, Pengumuman Dividen

References

Anindhita, Ghalih. 2010. Analisis Reaksi Pasar Atas Pengumuman Dividen Sebelum Dan Sesudah Ex–Dividend Date. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Baridwan, Zaki. 2019. Intermediate Accounting, Edisi 7, BPFE, UGM, Yogyakarta.

Hartono, Jogiyanto. 2016. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kesebelas. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.

Hendra, 2007. Analisis Pengaruh Pengumuman Dividen Naik Terhadap Harga Saham. Yokyakarta: Badan Penerbit Universitas sananta Dharma Yokyakarta.

Mediyanto, Martiyan Eka. 2015. Pengaruh Stock Split Terhadap Abnormal Return dan Volume Perdagangan. Artikel Ilmiah Mahasiswa Universitas Jember.

Nurmala dan Non Ayu Salma, Ninin, 2018. Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Right Issue Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, Vo.13 No.3 September 2015

Pangestu, Ninda. 2018. Analisis Abnormal Return Saham, Aktivitas Volume Perdagangan, Dan Bid Ask Spread Sebelum Dan Sesudah Stock Split. Lampung: Badan Penerbit Universitas Lampung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Badan Penerbit Alfabeta.

Sunariyah, 2011, Pengantar Pengetahuan Pasar Modal, Edisi Keenam, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Whardanih, Elisa. 2009. Pengaruh Pengumuman Deviden Tunai Terhadap Perubahan Harga Saham Dan Volume Perdagangan Saham Pada Perusahaan Publik Di Bursa Efek Indonesia. Surakarta: Badan Penerbit Universitas Muhammadiyah.

http://www.idx.co.id

https://finance.yahoo.com/

https://www.ksei.co.id/

Downloads

Published

2021-09-10