Analisis Penerimaan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palembang

Authors

  • Annisa Pratiwi
  • Oktariansyah Oktariansyah
  • Siti Mahmudah

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmediasi.v4i2.7857

Abstract

ABSTRACT

 

This study aims to determine the Advertising Tax Revenue on Regional Original Income (PAD) of Palembang City. The observed data is advertisement tax revenue data on local revenue (PAD) at the Palembang City Regional Tax Management Agency in 2012-2016. Data analysis and discussion used quantitative methods with effectiveness formulas and contribution formulas. The results of the discussion can be seen that the advertisement tax revenue on the Palembang city's original revenue has been realized well (very effectively) but in 2013 it did not reach the realization. While the contribution for 5 years does not contribute. In connection with the above, the authors suggest that the local tax management agency of the city of Palembang is expected to hold outreach to the community, especially taxpayers in paying taxes in order to increase the local revenue (PAD) of the city of Palembang, especially the advertisement tax.

 

Keywords: Advertising Tax, Local Revenue



ABSTRAK

 

Penelitian ini berujuan untuk mengetahui Penerimaan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palembang. Data yang diamati merupakan data penerimaan pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah (PAD) pada Badan Pengelolaan Pajak Daerah Kota Palembang tahun 2012-2016. Analisis data dan pembahasan menggunakan metode kuantitatif dengan rumus efektifitas dan rumus kontribusi. Hasil pembahasan dapat diketahui bahwa penerimaan pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah kota Palembang sudah terealisasi dengan baik (sangat efektif) hanya saja pada tahun 2013 tidak mencapai realisasi. Sedangkan kontribusi selama 5 tahun tidak berkontribusi. Sehubungan dengan haldi atas, penulis menyarankan agar badan pengelolaan pajak daerah kota Palembang diharapkan  mengadakan sosialisasi terhadap masyarakat terutama wajib pajak dalam membayar pajak guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) kota Palembang khususnya pajak reklame.

 

Kata kunci: Pajak Reklame, Pendapatan Asli Daerah.

References

Halim, Abdul, 2004. Manajemen Keuangan Daerah, Edisi Refisi. (UPP) AMP YKPAN, Yogyakarta.

Hasibuan, Melayau, SP, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Pt Bumi Perkasa.

Handoko, Hani T. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia.Penerbit BFFE, Yogyakarta

Mardiasmo, 2011. Perpajakan. Penerbit Andi : Yogyakarta.

_________, 2016. Akuntansi Sektor Publik. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Peraturan Daerah (PERDA) Nomor 14 Tahun 2010 Kota Palembang Tentang Pajak Reklame.

Samudra, Aziz, Azhari, 2015, Perpajakan Di Indonesia, Penerbit PT Raja Grafindo persada: Jakarta

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan RdanD, Bandung, Penerbit Alfabeta.

_________, 2013, Statistik Untuk Penelitian, Bandung, Penerbit Alfabeta.

Downloads

Published

2022-03-10