Pengaruh Opinion Shopping dan Ukuran Perusahaan Terhadap Audit Going Concern Pada Perusahaan Subsektor Batubara Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Aprizal Rosadian
  • Mursalin Mursalin
  • Muhammad Aidil Fitriansyah

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmediasi.v5i1.9363

Abstract

ABSTRACT

 

Going concern audits can be influenced by opinion shopping and company size. Opinion Shopping shows the change of independent auditors for the following year if the current year the company gets a going concern audit opinion. The larger the size of the company, the lower the acceptance of going concern audit opinion. This study aims to determine the effect of opinion shopping and company size individually or jointly on going concern audits of coal subsector companies on the Indonesia Stock Exchange (IDX). The data used is secondary data. The population in this study are all coal sub-sector companies on the Indonesia Stock Exchange. The sampling technique used purposive sampling in order to obtain 13 coal sub-sector companies on the Indonesia Stock Exchange during the 2016–2020 period. Data collection techniques using documentation techniques. The data analysis technique used logistic regression analysis. Based on the hypothesis test, it can be concluded that individually there is no effect of opinion shopping on going-concern audits, there is an effect of firm size on going-concern audits. Taken together, there is an effect of opinion shopping and company size on going concern audits.

 

Keywords: Opinion Shopping, Company Size, Audit Going Concern

 

 

ABSTRAK

 

Audit going concern bisa dipengaruhi oleh opinion shopping dan ukuran perusahaan. Opinion Shopping menunjukan pergantian auditor independen untuk tahun berikutnya apabila tahun berjalan perusahaan mendapat opini audit going concern. Semakin besar ukuran perusahaan maka semakin rendah penerimaan opini audit going concern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh opinion shopping dan ukuran perusahaan secara individu maupun bersama-sama terhadap audit going concern pada perusahaan subsektor batubara di Bursa Efek Indonesia (BEI). Data yang digunakan yaitu data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan subsektor Batubara di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 13 perusahaan subsektor Batubara di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016–2020. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi logistik. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan secara individu tidak ada pengaruh opinion shopping terhadap audit going concern, ada pengaruh ukuran perusahaan terhadap audit going concern. Secara bersama-sama ada pengaruh opinion shopping dan ukuran perusahaan terhadap audit going concern.

 

Kata Kunci: Opinion Shopping, Ukuran Perusahaan, Audit Going Concern

References

Agustia, P. Y. dan Suryani, E. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba (Study Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2014-2016). Jurnal Aset (Akuntansi Riset). ISSN: 2541-0342, Vol. 10 No. 1:pp.63-74.

Alichia, Yashinta Putri. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Opini Audit Tahun Sebelumnya Terhadap Opini Audit Going Concern. Universitas Negeri Padang.

Aninditya, Sunarwijaya, dan Adiyandnya (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Opini Audit Going Concern. Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo, Vol 4, No 1 (2018).

Ardianingsih, A. (2019). Audit Laporan Keuangan. Jilid 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Berliani, A., Sunarwijaya, I. K., dan Adiyandnya, M. S. P. (2020). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Opini Audit Going Concern. (https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/karma/article/view/1613/1297), Diakses tanggal 26 Februari 2022.

Chung, Heesun, Catherine Heyjung Sonu, Yoonseok Zang, and Jong-Hag Choi. (2019). “Opinion Shopping to Avoid a Going Concern Audit Opinion and Subsequent Audit Quality.†AUDITING: A Journal of Practice & Theory 38 (2): 101–23. https://doi.org/10.2308/ajpt-52154

Hartono, J. (2015). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kesepuluh. Yogyakarta: BPFE.

Hery. (2020). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Grasindo Persada.

Indriantoro, N. dan Supomo, B. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Edisi 1. Cetakan ke-12. Yogyakarta: BPFE.

Kurniaty, A. C. (2016). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Akuntansi, Indragiri Hilir–Riau: Univesitas Islam Indragiri Tembilahan.

Megantara, D. (2021). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Kondisi Keuangan, Ukuran Perusahaan, Dan Leverage Terhadap Opini Audit Going Concern. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis (JRAK), Volume 7 No 1, Januari 2021.

Munzir dan Wahdana. (2018). Pengaruh Opinion Shopping, Dan Debt Default Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (Studi Kasus Pada Perusahaan LQ 45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode), e-Journal Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong. Volume 1 No. 1 Oktober (2018).

Newton, N. J., Julie S. Persellin, Dechun Wang, and Michael S. Wilkins. (2016). “Internal Control Opinion Shopping and Audit Market Competition.†The Accounting Review 91 (2): 603–623. https://doi.org/10.2308/accr-51149.

Nursasi, E dan Maria, E. (2015). Pengaruh Audit Tenure, Opinion Shopping, Leverage dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Perbankan dan Pembiayaan yang Go Publik di Bursa Efek Indonesia. Jurnal JIBEKA. 9 (1): 37-43.

Priyatno, Duwi. (2016). Belajar Alat Analisis Data Dan Cara Pengolahannya Dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Purba, Marisi. P. (2016) “Asumsi Going Concern : Suatu Tindaa Terhadap Dampak Krisis, Keuangan atas Opini Audit dan Laporan Keuangan’ Edisi 1., Penerbit Graha ilmu, Yogyakarta.

Rahmah, R. (2016), Pengaruh Kualitas Audit, Opinion Shopping, Kondisi Keuangan Perusahaan Terhadap Penerimaan Audit Going Concern. Forum Keuangan dan Bisnis V, Th. 2016 ISBN : 978-602-17225-6-5.

Riyanto, B. (2010). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, (Edisi 4) Yogyakarta: BPFE.

Sopian, Dani dan Nida Rizkia Rahmad. (2016). Pengaruh Kualitas Audit, Opinion Shopping, Kondisi Keuangan Perusahaan terhadap Penerimaan Audit Going Concer, Forum Keuangan dan Bisnis V, Tahun 2016 ISBN :978 -602-17225-6-5.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2017). Analisis Laporan Keuangan; Teori, Aplikasi, dan Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sutawijaya, I. N. dan Kurniawan, A. (2020). Audit Kinerja–Mendorong Peningkatan Value Organisasi Pemerintah dalam Mewujudkan World Class Government. Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, F. A. (2021). Manajemen Jasa. Yogyakarta: BPFE.

Torang, S. (2012). Organisasi dan Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organsasi). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-09-05