Pengaruh Biaya Bahan Baku, Biaya Overhead Pabrik Dan Biaya Tenaga Kerja Langsung Terhadap Penjualan Pada Subsektor Rokok Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Oktariansyah Oktariansyah
  • Emilda Emilda
  • Deni Saputra

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmediasi.v5i1.9370

Abstract

ABSTRACT

 This study aims to determine the effect of raw material costs, above factory costs and direct labor costs partially and simultaneously on sales at cigarette manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2019-2020. The method used in this research is a quantitative approach with descriptive and causal research types. The type of information used in this research is secondary information. Secondary information is taken from the financial statements of manufacturing companies in the cigarette sub-sector listed on the Indonesia Stock Exchange. The technique used is purposive examining. The sample used in this study were 4 (four) cigarette manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange with a total of 32. The method of collecting information in this study was in the form of documentation and literature study. The data analysis technique used in this research is descriptive statistics, multiple linear. Based on the F test concluded that the cost of raw materials, costs above factory and direct labor costs simultaneously have a positive and significant effect on sales. Based on hypothesis testing using t test, it is concluded that the raw material costs partially have a negative and significant effect on sales, while partially above factory costs and direct labor costs have no significant effect on sales.

Keywords: Raw Material Costs, Factory Overhead Costs, Direct Labor Costs, Sales.

 

 ABSTRAK

 

Studi ini bermaksud untuk memutuskan dampak dari biaya bahan mentah, biaya pabrik di atas dan biaya kerja langsung sampai batas tertentu dan sementara itu pada transaksi di organisasi fabrikasi rokok yang tercatat di perdagangan saham Indonesia pada 2019-2020. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi penelitian kuantitatif dengan jenis ilustratif dan kausal. Jenis informasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah informasi opsional. Informasi opsional diambil dari laporan anggaran organisasi perakitan di sub area rokok yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan adalah pengujian purposive. Contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 (empat) organisasi fabrikasi rokok yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan jumlah 32. Teknik pengumpulan informasi dalam penelitian ini adalah sebagai studi dokumentasi dan penulisan. Prosedur pemeriksaan informasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengukuran spellbinding, banyak lurus. Mengingat uji F beralasan bahwa biaya bahan mentah, jalur produksi di atas biaya dan biaya kerja langsung pada saat yang sama secara signifikan mempengaruhi kesepakatan. Mengingat pengujian spekulasi menggunakan uji-t, beralasan bahwa biaya bahan mentah sampai tingkat tertentu mempengaruhi kesepakatan, sementara sampai batas tertentu pabrik pengolahan di atas biaya dan biaya kerja langsung mempengaruhi kesepakatan.

 

Kata kunci : Biaya Bahan Baku, Biaya Overhead Pabrik, Biaya Tenaga Kerja Langsung, Penjualan

References

Abdullah, T., & Tantri, F. (2016). Manajemen Pemasaran. Depok: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.

Firdaus, D. A. (2019). Akuntansi Biaya. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Harnanto. (2017). Akuntansi Biaya, Konsep dan Metodologi Penggolongan Biaya Elemen Biaya Produksi Perhitungan Harga Pokok Produk. Yogyakarta: Penerbit ANDI dan BPFE.

Mahardika, p. I. (2018). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Penerbit Quadrant.

Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Unit Penerbit Dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Riawayadi. (2014). Akuntansi Biaya Pendekatan Tradisional Dan Kontenporer. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Sugiarti. (Edisi Agustus 2018). Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja Langsung Terhadap Penjualan Bersih Pada PT Mustika Ratu Tbk. Jurnal Akrab Juara , 3 No 2, 9- 21.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swasta, B. (2018). Manajemen Penjualan. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Downloads

Published

2022-09-05