Analisis Kesesuaian Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS) Terhadap Laporan Pertanggungjawaban Tahun 2019 dan 2020 Pada UPTD SMPN 2 Pangkalanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmediasi.v5i1.9373Abstract
ABSTRACT
Budget Plan is on estimate that will be used to carry out an activity and it is very important to do. By therefore, this study aims to determine how the suitability of budget work plan of UPTD SMPN 2 Pangkalanbaru with Accountability Reports for 2019 and 2020. In this study, the researcher used the Qualitative Descriptive Method because, the researcher wanted to describe the analysis of the suitability of the RKAS with the Accountability Report, and find out the obstacles and solutions made in the implementation of the budget at UPTD SMPN 2 Pangkalanbaru. After doing the research, the results of this study shows that the suitability of the RKAS with the Report Realization, the accountability plan has Both with 90% conformity percentage in 2019 and 99% in 2020, it means an increase of 9%.
Â
Keywords: Compliance, Accountability Report, Budget Plan
Â
Â
ABSTRAK
Rencana Anggaran merupakan perkiraan yang akan digunakan untuk melaksanakan suatu kegiatan dan hal tersebut sangat penting untuk dilakukan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesesuaian rencana kerja anggaran sekolah dengan Laporan Pertanggungjawab tahun 2019 dan 2020. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Metode Deskriptif Kualitatif karena, peneliti ingin mendeskripsikan analisis kesesuaian RKAS dengan Laporan Pertanggungjawabn, serta mengetahui hambatan dan solusi yang dilakukan dalam implementasi realisasi rencana anggaran di SMPN 2 Pangkalanbaru. Setelah dilakukan penelitian, hasil dari dari penelitian ini menunjukan bahwa kesesuaian RKAS dengan Laporan Pertanggungjawaban sudah Baik dengan persentase 90% di tahun 2019 dan 99% di tahun 2020, artinya mengalami peningkatan 9%.
Â
Kata kunci:Â Â Â Kesesuaian, Laporan Pertanggungjawaban, Rencana Kerja
References
Calonmanger.com. Perbedaan Anggaran & Penganggaran. Diakses pada November 19, 221, dari https://www.calonmanejer.com/2019/05/perbedaan-anggaran-dan penganggaran.html.
e-jurnal.uajy. Diakses pada November 22, 221, dari https://e-journal.uajy.ac.id/6155/3/EA217733.pdf.
Jakarta. 2010. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Presiden Republik Indonesia: Jakarta.
Jakarta. 2021. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 221 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Reguler. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia: Jakarta.
Jakarta. 2021. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 221 tentang Standar Nasional Pendidikan. Presiden Republik Indonesia: Jakarta.
Jakarta. 2008. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan. Presiden Republik Indonesia: Jakarta.
Jakarta. 2010. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Presiden Republik Indonesia: Jakarta.
Kieso, D. E., Weygandt, J. J., & Warfield, T. D. (2018). Intermediate Accounting : IFRS Edition (3 ed.). Hoboken: John Wiley and Sons.
Kemdikbud. Tentang RKAS. Diakses pada November 22, 221, dari https://rkas.kemdikbud.go.id/tentang.
Nurkholis, Moh. Khusaini. 2019. Penganggaran Sektor Publik. Cetakan Pertama. Malang, Indonesia: UB Press.
Rusdiana, A. (2019). Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Edisi Pertama. Bandung, Indonesia: UIN SGD Bandung.
Rusdiana, A. & Wardija, H. (2022). Manajemen Keuangan Sekolah: Konsep, Prinsip, dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Edisi Revisi. Bandung, Indonesia: Arsad Press.
UIB Repository 2020. Diakses pada Februari 19, 222, dari http://repository.uib.ac.id/329/5/k-1642007-chapter2.pdf
UIB Repository 2019. Diakses pada Februari 19, 222, dari http://repository.uib.ac.id/2832/5/k-1642086-chapter2.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Media Akuntansi (Mediasi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.