Pengembangan Buku Ajar Berbasis Scientific Approach pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah

Authors

  • Devi Nabilajaya Universitas Negeri Surabaya
  • Agung Listiadi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v4i2.4597

Keywords:

Buku Ajar, Scientific Approach, Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah.

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar melalui pendekatan saintifik pada mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah kelas XI di SMK Negeri 10 Surabaya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis kelayakan dan respon peserta didik pada buku ajar berbasis scientific approach yang dikembangkan. Motode penelitian yaitu pengembangan. Adapun model pengembangan yang digunakan adalah model 4D dari Thiagarajan yang meliputi tahap define, design, dan  develop. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa hasil validasi para ahli pada buku ajar menjukkan rerata sebesar 94,84% dan respon peserta didik sebesar 95,12%. Dapat disimpulkan bahwa buku ajar berbasis scientific approach sangat layak digunakan dalam pembelajaran

Author Biography

Devi Nabilajaya, Universitas Negeri Surabaya

Devi Nabilajaya

TTL 21 Juli 1998 

Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi FE Universitas Negeri Surabaya 

References

Bridges & Hallinger. Exploring The Us of Lesson Study with Six Canadian Middle School. Science Teachers, Volume 78 No.1(E): 363-373 (2015). Online (https://qspace.library .queensu.ca/.../1/Bridges_Terry_J_201503_ PHD.pdf). Diakses 20 Juni 2020 Pukul 08:00 WIB.

BSNP. (2014). Instrument Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Daryanto dan Syaiful. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Fitri. (2019). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah di Kelas XI AKL SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Volume 3 No. 9 (2019) 108-116. Online(https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/issue/view/1852). Diakses Senin 22 Juni 2020 Pukul 15:00 WIB.

Hamdani. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kemala & Luqman Hakim. Pengembangan Buku Ajar Layanan Lembaga Keuangan Syariah Berbasis Scientific Approach dengan Integrasi Teknologi QR Code. Jurnal Pendidikan Akuntansi.Volume 3 No. 2 (2019). 125-134 (https://journal. unesa.ac.id/index.php/jpeka/article/view/5320). Diakses 23 Juli 2020 Pukul 09:00 WIB.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 103.

Litbang Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013: Pergesaran Paradigma Belajar Abad 21. Jakarta:Kemendikbud.

Masum, Akhmad. & Rochmawati. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik Sebagai Suplemen Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah Kelas XI Materi Akuntansi Desa. Jurnak Pendidikan Akuntansi. Volume 7 No.3 (2019) 434-441. Online (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/30845). Diakses 22 Juli 2020 Pukul 13:30 WIB

Nursalim,dkk. (2013). Strategi dan Intervensi Konseling. Jakarta: Akademia Permata.

Nugroho, Arifin. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal. Jakarta: PT Gramedia.

Octaviana. Pengembangan Buku Ajar Akuntansi Kas Berbasis Scientific Approach pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kelas XI di SMK Negeri Se Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Volume 2 No. 4 (2015). 1-8 Online (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21343) Diakses 24 Juni 2020 Pukul 19:00 WIB.

Putri, E.W. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Tata Kelola Kepegawaian Semester Genap Kelas XI di SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantor- an. Volume 7 No. 2 (2019). 73-80. Online (https://jurnalmahasiswa. unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/28122). Diakses 22 Juli 2020 Pukul 10:00 WIB

Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfa Beta.

Rochmad. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jurnal Kreano, Volume 3 (2012) 59-71. Online(https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/2613) Diakses 26 Juni 2020 Pukul 21:00 WIB.

Sani, Ridwan Abdullah. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementsai Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sari, V, F., Mayar, A., Fefri, I,I., & Mia, A,S. Pelatihan Penyusunan Jobsheet Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah Bagi Tim MGMP Akuntansi Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Kuat, Volume 1 No.1 (2019) 15-19. Online (http://jurnal.pknstan .ac.id/index.php/KUAT/article/view/457). Diakses Rabu 22 Juli 2020 Pukul 16:00 WIB.

Soh,T., Arsyad,N., & Osman,K. The Relationship of 21st Century Skills On Student Attitude And Perception Towards Physics. Procedia Social and Behavioral Sciences. Volume 7C No. 3 (2010). 546-554. Online (https://pdf.sciencedirectassets.com/277811/1-s2.0-S187704281 0X0012 X/1-s2.0 S187704281002077X/main .pdf). Diakses Kamis 23 Juli 2020 Pukul 22:00 WIB.

Syamsi, K., Esti, S.,Setyawan, P. Pengembangan Model Buku Ajar Membaca Berdasarkan Pendekatan Proses Bagi Siswa SMP. Cakrawala Pendidikan. Volume No. 2 No. 35 (2013). Online (https://journal.uny.ac .id/index.php/cp/article/view/1262). Diakses Kamis 23 Juli 2020 Pukul 22:30 WIB.

Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2020-12-31