Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Kulisusu Barat Kabupaten Buton Utara
DOI:
https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3110Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas VII SMP, (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajar dengan model pembelajaran cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD di Kelas VII SMP, (3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi antara yang diajar dengan model pembelajaran cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD pada mata pelajaran IPS di Kelas VII SMP, (4) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang memiliki motivasi rendah antara yang diajar dengan model pembelajaran cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD pada mata pelajaran IPS di Kelas VII SMP. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan rancangan factorial group design dengan 2 x 2 memiliki dua variabel yaitu variabel bebas (perlakuan) dan variabel atribut. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Kulisusu Barat Kabupaten Buton Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 60 orang yang terbagi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan perbedaan hasil belajar siswa lebih baik yang diajar dengan model pembelajaran cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT daripada diajar dengan model pembelajara cooperative learning tipe STAD. Dengan demikian salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada beberapa materi dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran TGT.
Â
Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning, TGT, STAD, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa.
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
References
DAFTAR PUSTAKA
Hamalik. Oemar. 2001. Proses Belajar Kreatif dan Efektif. Jakarta:
Mengajar. Cet. ke-3. Bumi Aksara
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mudjiono. 2006. Strategi belajar
mengajar. Depdikbud
Dirjen Pedidikan Tinggi
Trianto. 2009. Mendesain Model
Pembelajaran Inovatif Progresif.
Jakarta: Kencana Group
Sardiman A.M. 2000. Interaksi dan
Motivasi Belajar Mengajar.
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-
faktor yang Mempengaruhinya.
Jakarta Rineka Cipta.
Susanto Ahmad. 2014. Strategi
Pembelajaran Berorientasi
Standar Proses Pendidikan.
Kencana Prenada Media Group:
Jakarta
Sanjaya, Wina. 2006, Strategi
Pembelajaran Berorientasi
Standar Proses Pendidikan.
Jakarta, kencana perdana media
Group.
Pribadi Benny. 2011. Model Desain
Sistim Pembelajaran. Jakarta: Dian
Rakyat
Uno Hamzah. 2009. Model
Pembelajaran Menciptakan
Proses Belajar Mengajar yang
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.