Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Kulisusu Barat Kabupaten Buton Utara

Authors

  • Acoci Acoci

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3110

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas VII SMP, (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajar dengan model pembelajaran cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD di Kelas VII SMP, (3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi antara yang diajar dengan model pembelajaran cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD pada mata pelajaran IPS di Kelas VII SMP, (4) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang memiliki motivasi rendah antara yang diajar dengan model pembelajaran cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD pada mata pelajaran IPS di Kelas VII SMP. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan rancangan factorial group design dengan 2 x 2 memiliki dua variabel yaitu variabel bebas (perlakuan) dan variabel atribut. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Kulisusu Barat Kabupaten Buton Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 60 orang yang terbagi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan perbedaan hasil belajar siswa lebih baik yang diajar dengan model pembelajaran cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT daripada diajar dengan model pembelajara cooperative learning tipe STAD. Dengan demikian salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada beberapa materi dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran TGT.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning, TGT, STAD, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa.

 

 

 

 

 

 

 

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Hamalik. Oemar. 2001. Proses Belajar Kreatif dan Efektif. Jakarta:

Mengajar. Cet. ke-3. Bumi Aksara

Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mudjiono. 2006. Strategi belajar

mengajar. Depdikbud

Dirjen Pedidikan Tinggi

Trianto. 2009. Mendesain Model

Pembelajaran Inovatif Progresif.

Jakarta: Kencana Group

Sardiman A.M. 2000. Interaksi dan

Motivasi Belajar Mengajar.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-

faktor yang Mempengaruhinya.

Jakarta Rineka Cipta.

Susanto Ahmad. 2014. Strategi

Pembelajaran Berorientasi

Standar Proses Pendidikan.

Kencana Prenada Media Group:

Jakarta

Sanjaya, Wina. 2006, Strategi

Pembelajaran Berorientasi

Standar Proses Pendidikan.

Jakarta, kencana perdana media

Group.

Pribadi Benny. 2011. Model Desain

Sistim Pembelajaran. Jakarta: Dian

Rakyat

Uno Hamzah. 2009. Model

Pembelajaran Menciptakan

Proses Belajar Mengajar yang

Downloads

Published

2019-08-02