PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA KELAS IV SDN TOPA KOTA BAUBAU

Authors

  • Fitriani B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3111

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian ini untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen di kelas IV SD Topa Kota Baubau. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Topa dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes. Tes meliputi soal yang diberikan kepada siswa. Sedangkan non tes meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen mengalami peningkatan di setiap pertemuan baik dari segi keterlaksanaan pembelajaran maupun aktivitas belajar siswa. (ii) Terdapat peningkatan prestasi belajar IPA siswa dari siklus I ke siklus II dengan menggunakan metode eksperimen  pada siswa Kelas IV SD Negeri Topa Kota Baubau.

 

Kata kunci. Metode Eksperimen, Hasil belajar IPA

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi dan Supatmo, Abu. 2008. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Rienika Cipta.

Aly Eny Rahma, Abdullah. 2006. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya

Arifin, et, all, Mulyati. 2005. Strategi Belajar mengajar Kimia. Malang: Universitas Negri Malang.

Arikunto, et. all. 2008. Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Baiquni, Achmad. 1997. Al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan Kealaman. Yogyakarta: PT. Dana Bakti Prima Yasa.

Basrowi dan Suranto, Sukidin. 2002. Menajemen Penelitian Tindakan Kelas.Insan Cendekia.

Bungin, Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu- ilmu Sosial Lainnya. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Nana Sudjana.(2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nur Asma. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Purwanto. (2011). Pendidikan Matematika I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rochmat Wahab & Solehuddin. (1999). Perkembangan dan Belajar Peserta Didik. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono.(2011). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Zamroni.(2000). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2019-08-02