EFEKTIVITAS PELAKSANAAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERPUSAT (FOCUS GROUP DISCUSSION)TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS MURID KELAS V SD NEGERI II BONE-BONE KOTA BAUBAU

Authors

  • Hijrawatil Aswad Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3112

Abstract

Abstrak : Pembelajaran yang terlaksana di sekolah dasar, khususnya pada proses pembelajaran IPS pada proses transfer terjadi guru hanya terpusat pada buku dan tidak menggunakan berbagai metode  dalam pembelajaran, murid hanya berperan sebagai pendengar dan pencatat, guru kurang memberi kesempatan kepada murid untuk mengemukakan pendapatnya, sehingga didalam proses pembelajaran murid hanya terkesan diam dan tidak berperan aktif didalam kegiatan belajar mengajar, hal ini menyebabkan kurangnya motivasi murid dalam belajar.  Sehingga metode FGD menjadi alternatif untuk memotivasi murid dalam belajar khususnya pada pembelajaran IPS. FGD sebagai bentuk diskusi yang menggali lebih dalam pemahaman murid terhadap suatu topik pembelajaran yang dipelajari yang dapat menarik perhatian murid sehingga dapat memotivasi mereka dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain True Eksperimental Design adalah penelitian yang benar-benar untuk melihat hubungan sebab-akibatâ€.Peneliti menggunakan ekperimen dikarenakan ingin memanipulasi variabel dengan memberikan perlakuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan metode FGD terhadap motivasi belajar IPS murid kelas V SDN II Bone-bone Kota Baubau. Hasil penelitian nantinya diharapkan menjadi acuan atau referensi bagi yang akan melakukan penelitian berikutnya, serta dijadikan sebagai metode pembelajaran di sekolah.

Kata kunci : Metode FGD, Motivasi Belajar.



References

DAFTAR PUSTAKA

Afrizal. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rajawali Pers.

Arikunto Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Anggriani Susan. 2014. Landasan Teori Efektivitas. (Online). Literaturbook.blogspot.co.id/2016-10-03.

Basrowi & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif (Focus Group Discussion). Jakarta : Rineka Cipta.

Bungin Burhan. 2012. An alisis Data Penelitian Kualitatif (Focus Group Discussion). Jakarta : Rajawali Pers.

Diwyarthi Santi. 2014. Focus Group Discussion. (Online). https://www. Kompasiana.com/ 2016-10-03.

Indrizal, E. 2104. Diskusi Kelompok Terarah. Jurnal antropologi, (Online), (https://jurnalantropologi.fisip.unand.ac.id/diakses-tanggal-12-Maret-2016).

Iwan. 28 Maret 2011. Memahami Focus Group Discussion, (Online), (https://bincangmedia.wordpress.com.diakses-pada-tanggal-29/februari/2016).

Komalasari Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual. Bandung : Reflika Aditama.

Keller. 28 Desember 2010. Motivasi Belajar, (Online), (https://samadaranta.wordpress.com/diakses-pada-tanggal-15/03/2016).

Kristina Lusi. 2013. Artikel buletin penelitian sistem kesehatan : teknik focus group discussion, (Online), Vol. 16 No. 2, (https://oaji.net.articles/diakses 10 Maret 2016).

Moleong, j. Lexy.2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Munawaroh. 2013. Panduan Memahami Metodologi Penelitian. Malang : Intimedia.

Mulyasa, E. 2006. Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Prasetyo & Jannah. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Rajawali Pers.

Rahman arif. 2013. Upaya Menerapkan FGD Dalam Pembelajaran, (Online), https ://arifrahmansaleh67.blogspot.com.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyanto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yama Pustaka.

Susanto Ahmad. 2013. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenada Media Group (Kencana).

Sapriya. 2012. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sadirman. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Uno, B. Hamzah. 2015. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Downloads

Published

2019-08-02