PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SD NEGERI TOPA

Mitrakasih La Ode Onde

Abstract


Abstrak : Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalah yang terjadi di lapangan. Hasil observasi peneliti menyatakan bahwa hanya terdapat 20% siswa yang dinyatakan mampu mengerjakan soal yang diberikan dan 80% siswa yang dinyatakan tidak mampu mengerjakan soal yang diberikan.  Soal yang diberikan merupakan soal-soal yang berbasis kemampuan penalaran pada anak. Soal evaluasi yang diberikan pun mengharuskan siswa untuk menganalisis, berpikir secara kritis, kreatif dan mampu menyimpulkan dalam mengerjakan soal tersebut. Penyebab permasalah tersebut dikarenakan metode pembelajaran di kelas yang kurang variatif. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran group investigation sebagai alternatif pembelajaran yang tepat untuk anak.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa kelas V di SDN Topa melalui pembelajaran group investigation. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan catatan lapangan, dokumentasi, observasi guru dan siswa, tes dan non tes. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN TOPA Pada bulan Agustus 2018. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan penalaran pada siswa. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata presentase siswa pada tindakan siklus I yaitu 54 % sedangkan pada siklus II mencapai 88%. Implikasi dari penelitian ini adalah model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan kemampuan penalaran pada siswa kelas V SDN Topa Kota Bau-bau.

 

kata kunci: Kemampuan Penalaran, Model Group Investigation dan Penelitian Tindakan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Angeles, Peter A “What Is Reasoning? What Is Argument?,” Journal of Philosophy, Vol. 87, Tahun 1990.

Lohman, David F. dan Joni M. Lakin, Reasoning and Intelligence, New York: Cambridge University Press, 2009.

Rusman.Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Pt Raja Grafindo Persada, 2014.

Susanto, Ahmad. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

Stevani Silalahi, Yoland, peningkatan kemampuan berfikir kritis matematis siswa SMP dengan menggunakan model pembelajaran generative. Online Repository.upi.edu.(Diakses 23 November2016).

Suriasumantri s Jujun.Filsafat Ilmu sebuah Pengantar Populer, Jakarta:Pustaka Sinar Harapan,2014.

Suprijino Agus. Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. (Yogyakarta : Pustaka Belajar 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.