PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA 3 KOTA PRABUMULIH TAHUN AJARAN 2018/2019

Melinda Puspita Sari Jaya

Abstract


Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah media boneka tangan masih jarang digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak, terutama dalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan anak, belum dapat mengemukakan kembali cerita yang didengarnya sesuai maknanya sendiri. Hasil observasi awal yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak kelompok B di TK ABA 3 Prabumulih masih rendah.  Anak masih banyak yang berbicara terbata-bata (belum lancar) dan tidak mampu menceritakan kembali apa yang didengarnya.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh media boneka tangan terhadap pengembangan kemampuan berbicara anak kelompok B. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh anak kelompok B tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 17 orang. Semua anak kelompok B dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan koefisien t hitung adalah 3,724 dengan signifikan 0,003. Nilai ini lebih besar dari t tabel -0,252 dengan signifikan 0,806. Jika dibandingkan nilai signifikan t hitung dan t tabel, maka diketahui signifikan 0,003 < 0,005. Dengan demikian diketahui adapengaruh media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B di TK ABA 3 Prabumulih Tahun Ajaran 2018/2019.

Kata kunci: media boneka tangan,kemampuan berbicara anak


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anitah,Sri. 2008Media Pembelajaran, Surakarta: UNS Press.

Ann Browne. 2001. Developing Language and Literacy 3-8 Second Edition. London: Paul Chapman Publishing.

Daryanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran,Jakarta: Rineka Cipta.

Dhieni,Nurbiana. 2011. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas terbuka, 2011.

Ghazali. Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komuni katif-Interaktif.Bandung: Refika Aditama.

H. Douglas Brown. 2004.Language Assesment: Principles and Classroom Practice. New York: Longman.

Henry Guntur Tarigan. 2013. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

JhonW.Santrock. 2008.Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: KencanaPrenada Media Group.

Lestari dkk, 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Boneka Tangan Berbasis Musik pada Peserta Didik Kelompok B TK MarsudisiwiJajarLaweyan Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jakarta: Jurnal Program Studi PAUD, Universitas Sebelas Maret Surakarta Volume 3.

Maidar G. Arsjad dan Mukti U.S. 1993.Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Ramadani, 2016. Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya,Wina. 2011. Strategi Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Zain, Aswan danSyaiful Bahri Djamarah . 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.