PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok A PAUD Anak Bangsa Kota Serang Provinsi Banten, Tahun Ajaran 2017/208)

Suryadi Suryadi

Abstract


Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemendirian anak melalui metode pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan model penelitian yang dikemukakan oleh Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus yang terdiri dari masing-masing 4 (empat) kali pertemuan. Subjek penelitian adalah kelompok A PAUD Anak Bangsa Kota Serang yang berjumlah 10 orang siswa. Analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dengan statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik yaitu melihat hasil yang diperoleh dari data siklus I dan Siklus II. Data kualitatif dengan menggunakan teknik Miles Huberman dengan metode pengamatan, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian anak setelah diberikan intervensi dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah.

 

Kata Kunci: Anak Usia Dini, Kemandirian, Metode pembelajaran Berbasis Masalah

 



Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amir Taufik. 2013, Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana

Arends I Richard, 2008. Learning to Teach Jilad II. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Mastari Mohamad. 2011. Nilai Karakter: Refleksi Untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo

Morrison S George S.2009. Dasar- dasar Pendidikan Anak Usia Dini . Jakarta: Indeks

Nakita, Kemandirian Anak Prasekolah (http://tabloid-nakita.com/artikel.php3?edisi=0946 1&rubrik=prasekolah) diakses pada tanggal 21 November 2015 pukul 23.11 WIB.

Pilar Pendidikan, Empat Pilar Pendidikan yang direkomendasikan UNESCO yang dapat digunakan sebagai Prinsip Pembelajaran yang bisa diterapkan di dunia Pendidikan. Google untuk http://haneef4h.multiply.com/journal/item/48 19:45 PM, 01 November 2015.

Rusman,2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya Wina, 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Prenada Media

Uno B Hamzah,2011. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara,

Wiyani Ardy Novan, 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yamin Martinis,2013. Strategi dan Metode dalam Pendekatan Pembelajaran. Jakarta: GP Pers Group 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.