ARTIKEL SURVEY KEPUASAAN SISWA YANG BERLANGGANAN BIMBINGAN BELAJAR ONLINE RUANG GURU

Authors

  • Syamsurijal Syamsurijal Program Studi Pendidikan Guru sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3118

Abstract

Abstrak: Ruang Guru online study guidance is an online tutoring with the highest number of students who have registered or subscribed in Indonesia, but is this directly proportional to the level of satisfaction of students who have subscribed to RuangGuru, so the question needs to be answered in a study. The type of research used is quantitative research methods using the Survey method. The research variables are the level of student satisfaction and online tutoring in Ruang Guru. The research subjects were students who had subscribed to Ruang Guru online tutoring which were selected using the simple random sampling technique to obtain 20 research samples. The results showed that descriptively that students who were satisfied after subscribing to Ruang Guru online tutoring were 95%, while students who were dissatisfied after subscribing to Ruang Guru online tutoring were 5%, so the proposed hypothesis was accepted.

 

Keywords: Student Satisfaction Level and Ruang Guru Online Tutoring.

 

Abstrak :Bimbingan belajar online Ruang Guru menjadi bimbingan belajar online dengan jumlah siswa yang telah mendaftar atau berlangganan terbanyak di indonesia, namun apakah hal tersebut berbanding lurus dengan tingkat kepuasan siswa yang telah berlangganan Ruang Guru, sehingga pertanyaan tersebut perlu dijawab dalam suatu penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Survey. Variabel  penelitian yaitu tingkat kepuasan siswa dan bimbingan belajar online Ruang Guru.  Subyek penelitian ialah siswa yang telah berlangganan bimbingan belajar online RuangGuru yang dipilih dengan menggunakan teknik simple Random Sampling sehingga diperoleh 20 sampel penelitian.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara deskriptif bahwa siswa yang merasa puas setelah berlangganan bimbingan belajar online Ruang Guru sebesar 95%, sedangkan siswa yang merasa tidak puas setelah berlangganan bimbingan belajar online RuangGuru 5%, sehingga hipotesis yang diajukan diterima.

 

Kata Kunci : Tingkat Kepuasan Siswa dan Bimbingan Belajar Online Ruang Guru.

References

DAFTAR RUJUKAN

Affan Yusra. Dkk (2017). Model Bimbingan Belajar Berbasis Prinsip-prinsip Belajar dalam Islam untuk Meningkatkan Kemanfaatan Ilmu. Volume 6 (2)

Ana Ramadhayanti 2018. Analisis Strategi Belajar Dengan Metode Bimbel Online Terhadap Kemampuan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Inggris Dan Pronunciation(Pengucapan/Pelafalan) Berbahasa Remaja Saat Ini. VOLUME 2 NO 1 TAHUN 2018

Anindya Shofi. Dkk (2019). Analisis Kebutuhan Pengguna Aplikasi Ruangguru Menggunakan Metode Fuzzy Kano. Vol. 3, No. 5, Mei 2019, hlm. 4307-4315

Gideon Samuel. (2018) Peran Media Bimbingan Belajar Online “Ruangguru†Dalam Pembelajaran Ipa Bagi Siswa Smp dan Sma Masa Kini. Volume 11, Nomor 2, Juli 2018: 167-182

Husamah dkk (2018). Belajar dan Pembelajaran.Malang: UMM Press

Ratna Wijayanti. dkk (2014). Hubungan Bimbingan Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Tunagrahita Smalb. Jurnal Ortopedagogia, VOLUME 1, NOMOR 2, Halaman 117-127

Rifda El Fiah, Adi Putra Purbaya 2016. Penerapan Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Smp Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Volume 03 (14) (2016) 229-244

Sudaryo Yoyo. dkk (2019) Metode Penelitian Survei Online Dengan Google Forms. Yogyakarta: Andi

Susanto Ahmad (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana

Usman Iman. (2019). Mulai Belajar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Winkel, W. S. 1991 Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Grasindo:

Jakarta.

Yunanda Amantha Dhea, 2018. Pengaruh Artis Iqbaal Ramadhan Sebgai Brand Ambassador Terhadap Brand Awareness Ruangguru.Com [Skripsi]. Jakarta (ID) UNIVERSITAS BAKRIE

Yusuf, LN. Syamsu (2006). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosda

Downloads

Published

2019-08-02