Alat Permainan Edukatif Dalam Mengembangkan Kreativitas Musik Anak di Pendidikan Anak Usia Dini ‘Aisyiyah Terpadu Gantiwarno

Authors

  • nadia aisya gumay Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Tebing Tinggi Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4838

Keywords:

Kata kunci, Alat Permainan Edukatif, Kreativitas Musik Anak, PAUD Aisyiyah Terpadu Gantiwarno Klaten

Abstract

                                                              ABSTRAK

Alat permainan edukatif adalah alat yang dirancang dan dibuat, untuk menjadi sumber belajar anak-anak usia dini agar mereka mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna, serta dapat menstimulasi perkembangan pada anak. PAUD Aisyiyah Terpadu Gantiwarno menciptakan alat permainan edukatif yang berbahan dasar dari sisa-sia barang bekas atau daur ulang yang mereka olah bersama-sama sehingga menghasilkan sebuah karya alat permainan edukatif yang dapat bermanfaat bagi anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alat permainan edukatif  dalam mengembangkan kreativitas musik anak di PAUD Aisyiyah Terpadu Gantiwarno. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah obeservasi, wawancara, dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak-anak di PAUD Aisyiyah Terpadu Gantiwarno. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini antara lain: 1) guru dan anak-anak bersama-sama memanfaatkan bahan-bahan daur ulang sebagai alat permainan edukatif, 2) Pada proses kegiatan belajar anak-anak dalam menggunakan alat permainan edukatif kreativitas musik anak lebih cepat mengingat lagu-lagu, 3) anak-anak dapat mengekspresikan perasaan yang mereka rasakan baik sedih, gembira, dan takut melalui suara-suara yang dikeluarkan oleh alat musik, 4) Anak-anak dapat membuat alat perkusi dan dapat mengembangkan kreativitas dalam membuat lagu dan bermusik gaya pribadi. .Selain itu dengan adanya permainan edukatif  ini anak-anak lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar.

References

Baik Nilawati Astini, Nurhasanah, Ika Rachmayani, I Nyoman Suarta. (2017). “Identifikasi Pemafaatan Alat Permaian Edukatif (APE) Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Diniâ€. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 6, Edisi 1, Juni.

Habsari, Sri. (2005). Bimbingan dan Konseling SMA untuk Kelas XI. Jakarta: Grasindo.

Hijriati. (2017). “Peranan Dan Manfaat Ape Untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Diniâ€. Jurnal Ar-Raniry, Volume III. Nomor 2. Juli-Desemberâ€

Lexy J. Moleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Milyartini, R. (2009). Evaluasi Pendidikan Musikâ€. Bandung: Bintang Wali Artika.

Nur Ahmadi Bi Rahmani. (2016). Metodologi Penelitian Ekonomi. Medan: FEBI UIN-SU PRESS. https://scholar.google.co.id/citations?user=yVzuORQAAAAJ&hl=id

Setiawan Yohanes. (2016). Pengembangan Kreativitas Musik Dalam Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Di SMA Negeri Pati 1. Jurnal Seni Musik Volume 5 nol.

Syamsuardi. (2012). “Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Di Taman Kanak-Kanak Paud Polewali Kecamatan Tanete Riatang Kalimatan Barat Kabupaten Boneâ€. Jurnal Publikasi, Volume II No. 1 Februari-Mei.

Syamsuardi. (2012). “Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Taman Kanak-Kanak Paud Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Boneâ€, Jurnal Publikasi, Volume II No. 1 Februari-Mei.

Yeni Rachmati dan Euis Kurniati. (2017). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama, 2017), Cetakan ke-4. Hlm 63.

Zujadi, Ansor. (2010). “Penciptaan Musik Melalui Teknik Eksplorasi Bunyi Sebuah Bentuk Pendidikan Kreatifâ€. Ritme Jurnal Seni dan Pengajarannya, Vol. 8.

Downloads

Published

2020-09-28