PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN SASTRA (BASASTRA) DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Muhammad Ali

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Abstract

Abstrak:Pembelajaran bahasa Indonesia pada hakikatnya adalah membelajarkan peserta didik tentang keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai tujuan dan fungsinya. Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis, menghargai dan bangga menggunakan bahasaIndonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara, memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan, menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial, menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa, dan menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

 

Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia, keterampilan berbahasa Indonesia

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Ali Muhammad, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan I. (Bandung: Angkasa 2009: 33).

Atmazaki. 2013. Mengungkap Masa Depan: Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Konteks Pengembangan Karakter Cerdas. Makalah. Padang: UNP.

Fasli Jalil, Dedi Supriadi, Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah, (Yogyakarta Adicita Karya Nusa, 2000). Kartadinata Sunaryo. Panduan Pengajar Buku Inovasi Pendidikan, (Jakarta,. Depdikbud. 2000).

Long, M.H. 1983. Does Second Language Instruction Make a Difference? A Review of the Research. TESOL Quarterly 17.

Mahsun. 2014. Teks Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyasa E. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. ( Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013 ).

Nasution, S., 1999, Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Bumi Aksara, cet-ke-3

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.

Sardiman A.M,. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. (Jakarta: Rajawali Pers. 2000 ).

Slamet. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar (Jakarat: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Pres.: 2007

Sukardjo dan Ukim Komarudin, Landasan Pendidikan, (Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2012).

Downloads

Published

2020-09-27