Identifikasi Penerapan Pendidikan Karakter (Pilar Dua : Kemandirian, Disiplin dan Tanggung Jawab) Di TK. Pertiwi XIII Kotaraja

Authors

  • Andrianus Krobo

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4840

Abstract

Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji penerapan pendidikan karakter pilar dua : Kemandirian, Disiplin, dan Tanggung Jawab melalui metode wawancara dan observasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendidikan karakter (pilar dua kemandirian, disiplin, dan tanggung jawab) di TK Pertiwi XIII Kotaraja berjalan baik dan terdapat faktor pendukung  dan faktor penghambat.

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Pilar Dua : Kemendirian, Disiplin, Tanggung Jawab.

 

Abstract :The purpose of this research is to examine the application of two pillar character education: Independence, Discipline, and Responsibility through interview and observation methods. The results showed that the implementation of character education (the two pillars of independence, discipline, and responsibility) in TK Pertiwi XIII Kotaraja went well and there were supporting and inhibiting factors.

 

Keywords: Character Education, Pillar Two: Solitude, Discipline, Responsibility.

 


References

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah Sani, Ridwan, dkk. 2018. Penelitian Pendidikan. Medan: Tira Smart.

Chatib Munif, 2014. Sekolah Anak-Anak Juara, Cetakan Ketiga Bandung : Kaifa.

Darmiyati Zuchdi. (2009). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensial. Yogyakarta: UNY Press

KBBI, 2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia. On line, diakses tanggal, 25 September 2020

Lickona Thomas, 2013. Educating For Character. Cetakan Ketiga, Jakarta : Bumi Aksara.

Muchlas Samani, & Hariyanto. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Model.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Sujiono, Yuliani Nurani, 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Cetakan Ketujuh, Jakarta : Indeks.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pre

Downloads

Published

2020-09-27