PENERAPAN METODE QUANTUM READING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 93 PALEMBANG

Authors

  • Agus Heru

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4841

Abstract

Abstrak :Berdasarkan hasil penelitian PTK ini menunjukkan Metode Quantum Reading untuk meningkatkan keterampilan membaca kelas 2 SD Negeri 93 Palembang dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia khususnya kegiatan menyimak, berbicara, membaca dan menulis mencapai 87,50 %. Aktivitas anak dalam belajar bahasa Indonesia juga ikut meningkat sampai 81,99 %. Peningkatan yang ditunjuk-kan melalui penelitian ini dapat menjadi motivasi guru sekolah dasar untuk menggu-nakan Metode Quantum Reading dalam pembel-ajaran di kelas. Ada beberapa hal yang belum diukur keberhasilannya dalam proses pembelajaran terutama dalam penilaian aktivitas pembelajaran yaitu penyediaan jam kedatangan, pohon prestasi, dan kotak saran. Fasilitas ini disediakan peneliti untuk mendu-kung proses Metode Quantum Reading untuk meningkatkan keterampilan membaca kelas 2 SD Negeri 93 Palembang dan merupakan satu kesatuan dalam pembelajaran Metode Quantum Reading.

 

Kata kunci: Metode Quantum Readingm,  Keterampilan Membaca

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2010. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. 7 tips aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Yogjakarta: DIVA Press.

Budimansyah, Darsim, Suparlan, Meirawan, Danny. 2008. PAKEM (Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenang-kan). Bandung: Genesindo.

Deporter, B, dkk (2003).Quantum Teaching: Mempraktektekan Quantum Learning Di Ruang-ruang Kelas,Bandung: Kaifa

Fatah, Nanang (2008). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hernowo (Ed). (2004). Quantum Reading: Cara Cepat nan Bermanfaat untuk merangsang munculnya potensi membaca. Bandung : Mlc

Mulyasa, (2008). Menjadi Guru profesional: Menciftakan Pembelajran yang kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Gabler, Burt dan Nadia F. Scholnick. 1995. Listen-in listening/speaking attack strategies for students of ESL. New York: St. Martin’s Press.

Inovatif kreatif efektif dan menyenang-kan. Jakarta: Bumi Aksara. Indrawati dan Wanwan. 2009.

Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenang-kan untuk guru SD. Jakarta: PPPPTK.

Kunandar. 2011. Langkah mudah penelitian tidakan kelas. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa. 2009. Menjadi guru profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mulyono, Abdurrahman. 2009. Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nunan, David. 1991. Language teaching methodology a textbook for teachers. Great Britain: Prentice Hall International (UK) Ltd. Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian pem-belajaran basaha berbasis kompetensi. Yogyakarta. BPFE. Rahim,

Farida. 2011. Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Angkasa.

Rost, Michael. 1991. Classroom technique and resources: Listening in Action.

Printice Hall. Rusman. 2010. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Bandung: Rajagrafindo Persada.

Saddhono, Slamet. 2012. Meningkatkan kete-rampilan berbahsa (teori dan aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Slamet, Y, St. 2008. Dasar-dasar pembel-ajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.Surakarta: UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan.

Subana, dan Sunarti. 2011. Strategi belajar mengajar bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka

Setia. Sumadayo, Samsu. 2011. Strategi dan teknik pembelajaran membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sumadayo,

Samsu. 2013. Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara sebagai suatu keterampilan berba-hasa. Bandung: Angkasa. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa. Uno,

Downloads

Published

2020-10-01