PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB PADA SDN 92 PALEMBANG

Authors

  • Sri Wahyu Indrawati

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4846

Abstract

 

Abstrak:Model pembelajaran round club merupakan cara yang efektif bagi peserta didik dalam memberikan konstribusi mereka dan pandangan atau pemikiran anggota lain tentang tugas yang sedang mereka kerjakan. Model pembelajaran round club membantu peserta didik agar lebih aktif dalam proses pembelajaran dan tidak hanya terpaku pada satu arah. Artinya peserta didik akan lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran dilakukan sebuah tes motivasi belajar untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari pembelajaran tersebut. maka dari itu model pembelajaran round club dalam penyampaian ide-ide atau pendapat peserta didik serta peningkatan motivasi belajar dalam pembelajaran tematik. Round Club atau keliling kelompok merupakan model belajar mengajar yang bisa digunakan dalam semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan usia anak didik. Dalam kegiatan keliling kelompok masing-masing anggota dalam anggota kelompok mendapatkan kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka dan mendengarkan pandangan dan pemikiran anggota yang lain. Dengan demikian penulis tertarik, membuat penelitian dengan judul, “PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB PADA SDN 92 PALEMBANGâ€. Melalui Model Pembelajaran Round Club sangat efektif, dengan pengertian bahwa pola ini telah berhasil mengangkat kemampuan menulis siswa sehingga menurunkan akumulasi nilai C dan E baik berdasarkan indikator kinerja final line maupun berdasarkan hasil tes diagnostik. Berdasarkan indikator kinerja pada akhir Siklus II akumulasi nilai C dan E turun menjadi 15,79% (tidak ada siswa mendapat nilai E) dari target 25,06%. Dengan demikian, meskipun masih terdapat siswa yang berada pada nilai C, secara keseluruhan dampak yang telah diberikan dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Model Pembelajaran Round Club Pada SDN 92 Palembang sudah sangat signifikan.

 

Kata Kunci :  Kemampuan Menulis, Model Pembelajaran Round Club

References

DAFTAR PUSTAKA

Brown, Douglas H. 1980. Pinciples of Language Learning and Teaching. Englewood Cliff, New Jersey: Prentice Hall.

________________. 2001. Teaching by Principles: An Alternative Approach to Language Pedagogy. San Fransisco: Pearson Education Limited.

Harmer, Jeremy. 2001. How to Teach Writing. Essex: Stenton Associates.

____________. 2003. The Practice of Language Teaching. England: Pearson Education Limited.

Huda, Miftahul, Cooperative Learning (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Jurnal Skripsi. Rizky Ayu Pratiwi, “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Round Club Pada Mata Pelajaran IPA Dikelas IV SD Negeri 101771 Tembung T.A 2016/2017â€, Universitas Negeri Medan, Fakultas Pendidikan, 2017.

Jurnal skripsi. Nurleli Sabeth, “Pengaruh Penerapan Modl Pembelajaran Kooperatif Tipe Keliling Kelompok Terhadap Hasil Dan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Minas Kec. Minas Kab. Siakâ€, UIN Suska Riau, FTK, 2013.

Jurnal Skripsi. Elfira Nurelina, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Keliling Kelompok Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasa Hidrokarbon Dikelas X SMA Muhammadiyah 1 Pekan Baruâ€,UIN Suska Riau, FTK, 2014.

Jurnal Skripsi. Nikmatul Khoeriyah, “Keefektifan Strategi Keliling Kelompok Dalam Pembelajaran Menulis Pantun Ssiswa Kelas VII SMPN 2 Ngemplak, Slemanâ€,Pendidikan Bahaasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yyogyakarta, 2013

Khoiri, Ahmad, dkk, “Penumbuhan Karakter Islami Melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Integrasi Sains Islamâ€, Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, Vol. 2, No. 1, (Juni 2017).

Lie, Anita, Cooperative Learning (Jakarta: PT Grasindo, 2014.

Genre Writing Workshop. http//www.handbooks.uts.edu.au/subject

Langan, John. 2004. College Writing Skills with Reading. New York: McGraw Hill

Larsen-Freeman, D. Dan M.H. Long. 1991. Introduction to Second Language Acquisition Research. New York: Longman Inc.

Oshima A, dan A. Hogue. 1999. Writing Academic English. New York: Pearson Education Limited.

Reid, M. Joy. 1993. Teaching ESL Writing. Wyoming; Prentice Hall Regent.

Tarigan, Henry Guntur.1986. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandu

Downloads

Published

2020-09-28