MEDIA KARTU POHON BAHASA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Siti Winda Arifah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ridwan Ridwan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Anik Lestariningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.7777

Keywords:

bahasa, membaca permulaan, media karposa

Abstract

Latarbelakang dari penelitian ini ialah dari hasil observasi peneliti, bahwa kemampuan membaca permulaan anak kelompok B Taman Kanak – Kanak Pertiwi Banaran Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk masih rendah yaitu masih terdapat banyak anak yang kurang mampu membedakan abjad, menyebutkan huruf, serta kurang aktif pada pembelajaran membaca permulaan dikarenakan media yang digunakan dalam kegiatan membaca permulaan masih kurang dan belum maksimal. Dilaksanakannya penelitian ini  mendapatkan data mengenai perkembangan kemampuan membaca permulaan pada anak dengan menggunakan alat atau media yaitu karposa serta mengetahui perbedaan antara waktu sebelum dilakukannya penelitian dan sesudah dilakukannya penelitian. Peneliti berharap dengan digunakannya media karposa dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak, dimana media karposa terbuat dari bahan yang mudah di dapat dan dibuat sendiri, yaitu berupa kartu huruf yang ditempelkan dapat digunakan anak untuk belajar merangkai suatu kata, sehingga dengan menggunakan madia karposa anak dapat lebih tertarik dalam belajar mengenali huruf, membaca serta merangkai huruf menjadi kata dengan lebih menyenangkan. Pada Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek yaitu pada siswa kelompok B Taman Kanak – Kanak Pertiwi Banaran Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk dengan jumlah siswa kelompok B 25 anak diantaranya yaitu 9 anak laki – laki dan 16 anak perempuan. Peneliti menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart dengan teknik pengumpulan data menggunakan Observasi dan Dokumentasi. Pelaksanaan penelitian ini menggunkan 2 siklus. Pada penelitian ini terdapat adanya kemajuan dari Prasiklus, Siklus I dan II, pada penelitian ini diperoleh hasil yaitu pada Prasiklus terdapat 8 anak memperoleh kategori BSB (32%), selanjutnya pada Siklus I ada 15 anak memperoleh kategori BSB (52%), kemudian pada Siklus II ada 20 anak yang mendapatkan kategori BSB (80%). Berdasarkan penjelasan hasil  diatas maka terdapat kesimpulan bahwa dengan menggunakan media karposa maka dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B usia 5-6 tahun di Taman Kanak – Kanak Pertiwi Banaran Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk.

References

Aisa, S., Baso, A., & Barasandji, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode SAS di Kelas II SDN Pinotu. Jurnal Kreatif Tadaluko Online, 2(1), 28–51.

Amitasari, A. M. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS 1A SD NEGERI BALEHARJO WONOSARI GUNUNGKIDUL. Universitas Negeri Yogyakarta.

Depdiknas. (2003). Undang - Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Depdiknas (Vol. 71). https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x

Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Media Pembelajaran.

Indria, V. P., Sumarsih, & Agustriana, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Membaca Glenn Doman Pada Anak Kelompok A PAUD Sambela Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 95–100.

Kintani, Y., Ali, M., & Endang, B. (2013). Sikap Percaya Diri dalam Proses Pembelajaran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Segedong. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(10), 1–11.

Nurlaili. (2018). Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 229. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518

Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan Abjad Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Al Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, 01(01), 51–56.

Partikasari, R., Suryani, N. A., & Imran, R. F. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Bermainflash Card Subaca Di Paud Al- Anisa Bentiring Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(4), 1–19.

Permendikbud. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Permendikbud No 146. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. In Kementerian Pendidikan Nasional.

Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759–764. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12372

Safitri, W. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Bermain Kartu Angka Bergambar Pada Anak Usia 4 Tahun di PAUD Baitusshibyaan Srumbung Kecamatan Bergas Kbupaten Semarang. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Salawati, J. B., & Suoth, L. (2020). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal Of Elementary Education, 4(01), 100–106. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE%0ALOGO

Salwiah, & Asmuddin. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACAPERMULAANANAK MELALUI MEDIA KARTUHURUF DI KELOMPOK B TK KARTIKA XX-46 KENDARI. Smart PAUD, 2. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/tunascendekia/article/view/375

Sulianah. (2012). Mengenalkan Konsep Huruf Dengan Metode Permainan Kartu Huruf Pada Anak. Jurnal Ilmiah PG-PAUD FKIP Veteran Semarang.

Suryana, D. (n.d.). Hakikat Anak Usia Dini (Modul 1, pp. 1–65). Universitas Terbuka.

Undang - Undang Sisdiknas. (2003). Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://jdihn.go.id/files/4/2003uu020.pdf

Yusuf, M., & Jurniati. (2018). Pengaruh Pendidikan bagi Perkembangan Anak Usia Dini. Tunas Cendekia, 1(1), 31–38. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/tunascendekia/article/view/375

Downloads

Additional Files

Published

2022-05-25