PENGEMBANGAN WAYANG HURUF UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN

Authors

  • erika nuraini Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Veny Iswantiningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Intan Prastihastari Wijaya Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.7792

Keywords:

Pengembangan Media Wayang Huruf, Membaca Permulaan, Anak Usia Dini.

Abstract

Riset yang sudah dicoba bermaksud mendeskripsikan pengembangan wayang huruf buat menstimulasi keahlian membaca permulaan pada anak, perihal ini dilatar belakangi oleh berartinya membagikan stimulasi keahlian membaca permulaan buat anak umur dini dengan memakai media yang menarik. Tidak hanya itu, keahlian membaca permulaan pula butuh dibesarkan supaya anak mempunyai kesiapan dalam melanjutkan kependidikan yang besar lagi ialah sekolah bawah. Buat tingkatkan keahlian membaca permulaan bisa distimulus dengan sebagian pemakaian media pendidikan, media tersebut ialah media pendidikan yang bisa bermanfaat buat tingkatkan keahlian membaca permulaan ialah dengan lewat media Wayang Huruf yang bisa buat tingkatkan keahlian membaca permulaan pada anak, sehingga bisa menarik atensi belajar anak semenjak dini. Tujuan riset ini buat menstimulasi keahlian membaca permulaan dengan memakai media wayang huruf. Pemakaian media wayang huruf hendak lebih mengasyikkan untuk anak dalam membaca permulaan, sebab media wayang huruf sangat menarik untuk anak serta dengan memakai sesuatu media pendidikan sanggup tingkatkan semangat belajar pada anak. Evaluasi pakar media mendapatkan skor rata- rata. Tata cara yang digunakan pada riset ini merupakan tipe riset pengembangan RnD( Research and Development) dengan pendekatan kuantitatif, periset memakai media wayang huruf buat menstimulasi keahlian membaca permulaan pada anak. Riset memakai 4 sesi ialah kemampuan serta permasalahan, pengumpulan informasi, desain produk, serta validasi desain, ini diakibatkan sebab keadaan pandemi Covid 19, menjadikan sulitnya memperoleh ijin riset di lembaga buat melanjutkan ke sesi berikutnya. Riset pakar modul di peroleh nilai lebih dari 0, 05 yang maksudnya memperoleh nilai ketentuan valid serta kelayakan produk. Tidak hanya itu, evaluasi pakar media diperoleh nilai rata- rata lebih dari 0, 05 yang maksudnya memperoleh nilai ketentuan valid serta media layak dipergunakan serta diujicobakan. Kesimpulan riset ini merupakan aktivitas pendidikan dengan memakai media wayang huruf sanggup tingkatkan keahlian membaca permulaan pada anak.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset Online. Diakses Pada Tanggal, 27.

Amelia, L., Zamana, M., & Ramadani, S. (2020). Efektivitas Permainan Wayang Huruf Hijaiyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Kelompok A Di Tk Ikal Dolog Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 7(1), 52–64. Https://Doi.Org/10.46244/Buahhati.V7i1.939

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Referensi Jakarta.

Hayati, N., & Manawar, M. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Wayang Huruf Pada Kelompok B Tk Kasih Ibu Kota Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v3i1.1683

Heri. (2020). Media Pembelajaran: Pengertian, Fungsi, Manfaat, JenisJenis & Contoh. https://salamadian.com/pengertian-media-pembelajaran/,

Hidayat, R. A. (2015). Peran warga sekolah dalam memanfaatkan perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa di SD Negeri Gembongan. BASIC EDUCATION, 4(3).

Holt, J. (2012). Belajar Sepanjang Waktu. Jakarta: PT. Erlangga.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Implementasi Kurikulum.

Kurnia, G. dan R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. CV. Jakad Publishing.

Lestari, N. G. A. M. Y. (2013). Peningkatan Kemampuan Baca-Tulis Permulaan melalui Penggunaan Media Wayang Abjad Kontekstual. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 201–220.

Mile, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Pembelajaran Konstruktivisme dan Penggunaan Papan Flanel di Kelas I SD Negeri I Palu. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(4).

Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2018). Manfaat serta kendala menerapkan flashcard pada pelajaran membaca permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 210–228.

Nurbiana Dhieni, D. (2015). Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka.

Nuri, Winda adinada, D. (2016). Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Kreativitas Anak Suai Dini Di Annur I Sleman Yogyakarta. Jurnal Raudhah., 8(1), 92–104. http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v8i1.589

Nutbrown, C., & Clough, P. (2015). Pendidikan anak usia dini: Sejarah, filosofi, dan pengalaman. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bumi Aksara.

Rumidjan, R., Sumanto, S., Sukamti, S., & Sugiharti, S. (2017). Pelatihan pembuatan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi guru sekolah dasar. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p

Sinaga, D. (2011). Mengelola Perpustakaan Sekolah. Bejana.

Siska Aladiah, T., & Jamil, Z. A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelas B 1 Di Raudhatul Athfal Simpang Sungai Duren Muaro Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Slavin, R. E. (2011). Psikologi pendidikan teori dan praktik. Jakarta: Indeks.

Sugiyono, prof. dr. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R D.

Sujiono, N. Y. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Indeks.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada. Media Group.

Taufina, M. (2016). Mozaik Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar. CV.Angkasa.

Taulany, H., & Prahesti, S. I. (2019). Media Pembelajaran Wayang Huruf untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 4-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(2), 71–83.

USAID. (2014). Mengutamakan Pembaharua, Inovasi,dan Kesempatan bagi Guru, Tenaga Kependidikan dan Siswa. RTI International.

Yanuarsari, R., Octrianty, E., & Al Afgani, S. N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Menggunakan Media Papan Flanel. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 55–60.

Zubaidah, E. (2013). Pemilihan Nilai Karakter dalam Cerita Anak dan Teknik.

Downloads

Additional Files

Published

2022-05-25