PEMAHAMAN GURU DALAM PROSES PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Dianti Yunia Sari Universitas Islam Nusantara
  • Ismi Tiara Nakita
  • Fadila Rahma

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.7910

Abstract

Penilaian merupakan proses pengumpulan data dan pengolahan informasi untuk menentukan tingkat pencapaian perkembangan anak dan pengambilan keputusan, pengakuan ataupun ketetapan tentang kemampuan anak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui cara guru, pemahaman guru serta  faktor-faktor yang mempengaruhi guru dalam proses penilaian perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian yang dilakukan melibatkan sebanyak tiga orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasilnya mengungkapkan bahwa guru hanya melakukan dua (2) tahap proses penilaian yaitu pengamatan dan pelaporan kemudian tingkat pemahaman guru dalam proses penilaian berada pada tingkat menafsirkan, menyimpulkan dan menjelaskan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi guru dalam melakukan proses penilaian perkembangan anak yaitu masih rendahnya minat, motivasi, kualifikasi jenjang pendidikan, dan pengalaman guru.

Kata kunci : Pemahaman Guru, Penilaian, Anak Usia Dini

References

Abraham, M.R, Grzybowski. E.B, Renner, J.W, & Marek. E.A (1992) Understandings and Misunderstandings of Eighth Gradersof Five Chemistry Concepts Found in Textbooks. Journal of research in science teaching.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (Eds.) (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching, and Assessing: A revision of Bloom’s Taxonomy Of Educational Objectives. New York: Longman.

Djamarah. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurmayuli. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Penelitian Sosial Agama.

Moleong,L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Permendikbud. (2014). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kemendikbud.

Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. (2018), Jakarta: Kemendikbud

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya.

Rohita & Nurfadilah. (2017). Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran di Taman KanakKanak (Studi Deskriptif pada Taman Kanak-kanak di Jakarta). Jurnal Al- Azhar Indonesia Seri Humaniora.

Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&N. Bandung: Cv Alfabeta.

Wahyudin, U & Agustin, M. (2011). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditama.

Wortham, S.C. (2005). Assessment in Early Childhood Education. New Jersey: Pearson rentice hall

Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Downloads

Published

2022-05-25