PEMAHAMAN GURU DALAM PROSES PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.7910Abstract
Penilaian merupakan proses pengumpulan data dan pengolahan informasi untuk menentukan tingkat pencapaian perkembangan anak dan pengambilan keputusan, pengakuan ataupun ketetapan tentang kemampuan anak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui cara guru, pemahaman guru serta faktor-faktor yang mempengaruhi guru dalam proses penilaian perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian yang dilakukan melibatkan sebanyak tiga orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasilnya mengungkapkan bahwa guru hanya melakukan dua (2) tahap proses penilaian yaitu pengamatan dan pelaporan kemudian tingkat pemahaman guru dalam proses penilaian berada pada tingkat menafsirkan, menyimpulkan dan menjelaskan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi guru dalam melakukan proses penilaian perkembangan anak yaitu masih rendahnya minat, motivasi, kualifikasi jenjang pendidikan, dan pengalaman guru.
Kata kunci : Pemahaman Guru, Penilaian, Anak Usia Dini
References
Abraham, M.R, Grzybowski. E.B, Renner, J.W, & Marek. E.A (1992) Understandings and Misunderstandings of Eighth Gradersof Five Chemistry Concepts Found in Textbooks. Journal of research in science teaching.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (Eds.) (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching, and Assessing: A revision of Bloom’s Taxonomy Of Educational Objectives. New York: Longman.
Djamarah. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurmayuli. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Penelitian Sosial Agama.
Moleong,L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Permendikbud. (2014). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kemendikbud.
Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. (2018), Jakarta: Kemendikbud
Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya.
Rohita & Nurfadilah. (2017). Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran di Taman KanakKanak (Studi Deskriptif pada Taman Kanak-kanak di Jakarta). Jurnal Al- Azhar Indonesia Seri Humaniora.
Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&N. Bandung: Cv Alfabeta.
Wahyudin, U & Agustin, M. (2011). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditama.
Wortham, S.C. (2005). Assessment in Early Childhood Education. New Jersey: Pearson rentice hall
Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.