Stop Bullying dengan Pendidikan Multikultural

Authors

  • Santa Idayana Sinaga

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.7917

Keywords:

Bullying, Pendidikan Multikultural

Abstract

Abstrak: Tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada orang tua, guru, praktisi pendidikan dan semua pihak yang mencintai anak usia dini tentang pentingnya menghentikan perilaku bullying melalui pendidikan multikultural. Tulisan ini merupakan tinjauan pustaka oleh seorang konselor bernama Kohut tentang bullying dimana efek bullying pada anak akan mempengaruhi anak secara fisik, mental, sosial, emosional dan psikologis. Bullying sudah tidak asing lagi dalam kehidupan masyarakat, namun perilaku ini harus dicegah bahkan dihentikan, salah satunya melalui pendidikan multikultural. Pendidikan multikultural adalah pendidikan dengan stimulasi dimana anak dirangsang bahwa setiap manusia itu berbeda dan unik, oleh karena itu kita harus saling menghargai dan menerima perbedaan.

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Brewer, Jo Ann. 2007. Introduction to Early Childhood Education Preschool Thoriugh Primary Grades.USA : Pearson Education

Julie, Andrews, Matthews. 2011. Stop The Bullying. Australia: Seashell Publisher

Kohut, Margareth R. 2007. The Complete Guide to Understanding, Controlling, and Stopping Bullies & Bullying A Complete Guide for Teachers & Parents.Florida : Atlantic Publishing Group, Inc

Kostelnik, Marjorie J, Anne K. Soderman, Alice Phipss Whirren. 2017. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak(DAP).Depok : Kencana

Morrison,George S.2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Indeks

Rahayu, T., Syafril, S., Wekke, I. S., & Erlinda, R. (2019). Teknik Menulis Review Literatur Dalam Sebuah Artikel Ilmiah, (September). https://doi.org/10.31227/osf.io/z6m2y

Seefeldt, Carol, Sharon Castle, Renee C. Falconer 2010. Social Studies For The Preschool/Primary Child Eight Edition. USA: Pearson Education

Downloads

Additional Files

Published

2022-05-25