Stop Bullying dengan Pendidikan Multikultural
DOI:
https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.7917Keywords:
Bullying, Pendidikan MultikulturalAbstract
Abstrak: Tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada orang tua, guru, praktisi pendidikan dan semua pihak yang mencintai anak usia dini tentang pentingnya menghentikan perilaku bullying melalui pendidikan multikultural. Tulisan ini merupakan tinjauan pustaka oleh seorang konselor bernama Kohut tentang bullying dimana efek bullying pada anak akan mempengaruhi anak secara fisik, mental, sosial, emosional dan psikologis. Bullying sudah tidak asing lagi dalam kehidupan masyarakat, namun perilaku ini harus dicegah bahkan dihentikan, salah satunya melalui pendidikan multikultural. Pendidikan multikultural adalah pendidikan dengan stimulasi dimana anak dirangsang bahwa setiap manusia itu berbeda dan unik, oleh karena itu kita harus saling menghargai dan menerima perbedaan.
Â
References
DAFTAR PUSTAKA
Brewer, Jo Ann. 2007. Introduction to Early Childhood Education Preschool Thoriugh Primary Grades.USA : Pearson Education
Julie, Andrews, Matthews. 2011. Stop The Bullying. Australia: Seashell Publisher
Kohut, Margareth R. 2007. The Complete Guide to Understanding, Controlling, and Stopping Bullies & Bullying A Complete Guide for Teachers & Parents.Florida : Atlantic Publishing Group, Inc
Kostelnik, Marjorie J, Anne K. Soderman, Alice Phipss Whirren. 2017. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak(DAP).Depok : Kencana
Morrison,George S.2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Indeks
Rahayu, T., Syafril, S., Wekke, I. S., & Erlinda, R. (2019). Teknik Menulis Review Literatur Dalam Sebuah Artikel Ilmiah, (September). https://doi.org/10.31227/osf.io/z6m2y
Seefeldt, Carol, Sharon Castle, Renee C. Falconer 2010. Social Studies For The Preschool/Primary Child Eight Edition. USA: Pearson Education
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.