Fenomena Tuntutan Orang Tua PAUD Di Masa Tatap Muka Terbatas: Membaca Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Tuti Firdayani

DOI:

https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.8034

Keywords:

tatap muka terbatas, kemampuan membaca, anak usia dini

Abstract

Abstrak: Ketika virus Covid-19 menyerang seluruh dunia termasuk Indonesia, pemerintah memutuskan proses pembelajaran berubah menjadi daring. Akan tetapi berjalannya waktu pembelajaran di Indonesia menemukan kendala terutama di jenjang PAUD. Pemerintah kembali mengeluarkan keputusan untuk melakukan pembelajaran tatap muka terbatas (PTM). Setelah beralihnya pembelajaran daring ke Pembelajaran tatap muka terbatas (PTM) menimbulkan tuntutan yang signifikan dari orang tua untuk pendidik/guru di Indonesia terutama dalam mengajarkan membaca. Padahal di masa tatap muka terbatas pendidik/guru mempunyai tantangan sendiri dalam menerapkan proses pembelajaran. Paper ini bertujuan melihat fenomena tuntutan orang tua PAUD di masa tatap muka terbatas terutama pada kemampuan membaca pada anak usia dini

References

DAFTAR REFERENSI

Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2021). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334.

Al Iftitah, I. I., & Syamsudin, A. (2022). Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-19 pada Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2334-2344.

Aulia. 2011. Mengajarkan Balita Anda Membaca. Jogjakarta : Intan Media.

Drupadi, R. D., & Syafrudin, U. (2012). Pemahaman Guru PAUD Terhadap Pembelajaran Membaca Permulaan AUD. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 17-25.

Fauziah, N. (2022). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1541-1550.

Firmanawaty Sutan, Tiga Langkah Praktis Menjadikan Anak Maniak Membaca, Jakarta: Puspa Swara, 2004.

Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir, 5(4).

Istiyani, D. 2013. Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (Calistung); Pada Anak Usia Dini di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Penelitian Vol.10, no.1 Hlm. 1-18.

Lutfatulatifah, L., & Yuliyanto, S. W. (2017). Persepsi Guru tentang Membaca, Menulis, dan Berhitung pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Muryani, A., Mubaroq, A. K., & Agustiningrum, M. D. B. (2022). Dampak Belajar Dari Rumah (BDR) pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Kemampuan Literasi Membaca Anak Usia Dini. Sentra Cendekia, 3(1), 1-8.

Nurani S Yuliani. 2016. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Permata Puri media:Jakarta.

Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi Covid 19. 2021. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia

Powa, N. W., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Analisis Persetujuan Orang Tua Terhadap Rencana Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Smk Santa Maria Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 100-111.

Satrianingrum, A. P., Setiawati, F. A., & Fauziah, P. Y. (2021). Pembelajaran jarak jauh pada PAUD: studi literatur berbagai metode pembelajaran pada masa pandemi di berbagai tempat. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 34-41.

Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan video pembelajaran daring anak usia dini pada masa pandemi Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140-160.

Sessiani, Lucky Ade. 2007. Pengaruh Metode Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Taman Kanak-kanak (Studi Eksperimen di TK ABA 52 Semarang). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2022-05-25