ANALISIS KAJIAN FONOLOGI PADA PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 1-3 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.8043Keywords:
Perkembangan, bahasa, anak.Abstract
Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang perkembangan bahasa pada anak usia 1-3 tahun dalam kajian teoritik fonologi. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis lapangan model Miles dan Huberman. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode, atau teori. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pemerolehan bahasa anak umur 0-3 tahun, khususnya Zidan sering menggunakan penyebutan fonem yang sama untuk makna yang berbeda, baik dalam penghilangan 1 fonem di depan, penyebutan fonem hanya bagian tengah dan belakangnya saja, kadang dipanjangkan atau dipendekkan.
References
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas.2000. Kurikulum Berbasis Kompetensi TK. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Menengah
Halimah. 2016. Perkembangan Bahasa Anak Periode Prelingual (Studi Kasus pada Bayi Usia 8 Bulan). Jurnal International Seminar Language Maintenance and Shift (LAMAS). Semarang. Diakses 25 November 2020 dari laman: https://www.researchgate.net/publication/322751800_PERKEMBANGAN_BAHASA_ANAK_PERIODE_PRELINGUAL_Studi_Kasus_pada_Bayi_Usia_8_Bulan
Sari, Mardiana, dkk. 2020. Analisis Kajian Teoritik Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-3 Tahun. Laporan Penelitian Dosen. Palembang: Universitas PGRI Palembang.
Sari, Mardiana, dkk.2021. Perkembangan Bahasa Anak 1-3 Tahun. Pekalongan: NEM.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomo 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Anak Usia Dini.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2011.Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Group
Solihin, Muhammad. 2021.â€Perkembangan Fonologi Anak Usia Diniâ€. Jurnal Nur El-Islam Vol. 8 No. 2 Oktober 2021
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.