PEMBERIAN REINFORCEMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI MIKRO DAN MAKRO DI SMA MUHAMMADIYAH 5 PALEMBANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reinforcement terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi mikro dan makro semester genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Sabjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 sejumlah 43 siswa sebagai kelas eksprimen dan kelas X3 sejumlah 43 siswa sebagai kelas kontrol di SMA Muhammadiyah 5 Palembang. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, observasi dan angket. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh reinforcement terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi mikro makro maka peneliti menggunakan perhitungan regresi linier sederhana dengan hasil analisis data diperoleh yaitu tHitung = 10,92 > ttabel = 1,99, sedangkan pengujian hipotesis dengan koefisien korelasi thit = 12,23 > ttab = 1,99. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian penguatan (reinforcement) terhadap motivasi belajar siswa. Jadi disimpulkan pemberian penguatan (reinforcement) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 5 Palembang Tahun Pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: Pemberian reinforcement, motivasi belajar, pembelajaran ekonomi mikro makro