PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU/SEJARAH (KRONOLOGI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA) KELAS VIII DI SMPN 48 PALEMBANG
Abstract
Abstrak
Internet merupakan singkatan dari interconnection and networking, adalah jaringan informasi global. Media internet merupakan salah satu media E-learning yang merupakan sebuah jaringan global kumpulan dari jaringan-jaringan komputer diseluruh dunia. Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengaruh penggunaan internet sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu/Sejarah (Kronologi
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia) kelas VIII di SMPN 48 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh dari penerapan internet sebagai media pembelajaran. Penggunaan internet sebagai media pembelajaran disekolah memberikan konstribusi yang positif terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu (sejarah). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Subjek dalam penelitian ini, seluruh siswa kelas VIII SMPN 48 Palembang yang berjumlah 241 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Adapun hipotesis dalam penelitian ini “terdapat pengaruh penggunaan internet sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu/Sejarahâ€. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan internet sebagai media pembelajaran, diperoleh nilai rata-rata 86,11 untuk siswa kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 7,69, dengan demikian Pengaruh Penggunaan Internet Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu/Sejarah (Kronologi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia) Kelas VIII di SMPN 48 Palembang sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Media Internet, hasil belajar sejarah